Gerakan Yoga untuk Ibu Hamil

Hamil bukan alasan untuk berhenti berolahraga. Mam masih bisa melakukan olahraga yang intensitasnya tak terlalu berat, seperti yoga. Perubahan hormon telah terjadi sejak masa awal kehamilan yang tak jarang membuat Mam pusing, mual, dan mudah lelah. Nah, selain mengatasi hal tersebut, yoga juga mampu membantu tubuh Mam lebih siap menghadapi persalinan. Berikut adalah beberapa pose yoga yang aman dilakukan oleh ibu hamil.

Easy Pose

Jika sebelumnya Mam belum pernah melakukan yoga, maka gerakan yang juga disebut dengan Sukhasana ini cocok dipraktikkan sebagai permulaan. Untuk melakukannya, Mam hanya perlu duduk dalam posisi bersila dengan kedua telapak tangan yang ditangkupkan di depan dada. Sambil melakukan gerakan ini, cobalah untuk melatih pernapasan juga ya, Mam. Gerakan easy pose mampu membantu Mam untuk meningkatkan fokus, keseimbangan, dan ketenangan diri yang baik. Otot panggul juga bisa lebih terbuka sehingga memudahkan persalinan, Mam.

Child Pose

Gerakan child pose mirip dengan posisi bersujud, tetapi dengan kedua lengan yang menyentuh alas yoga. Caranya, berlututlah dan duduk di atas tumit dengan kedua tangan berada di sisi tubuh. Tarik napas dalam-dalam juga ya, Mam. Saat mengeluarkan napas, lakukan sambil membungkuk ke depan dan letakkan dada pada kedua lutut Mam. Setelah itu, letakkan pula kedua lengan dan dahi pada lantai atau alas yoga. Saat melakukan gerakan child pose, coba minta Ayah untuk membantu memijat area punggung dan pinggang secara perlahan agar relaksasi tubuh bisa berlangsung optimal.

Butterfly Pose

Untuk melakukan gerakan butterfly pose, Mam bisa memulainya dengan merapatkan kedua telapak kaki terhadap satu sama lain hingga posisi tubuh seperti sedang duduk bersila. Pegang jari-jari kaki, lalu tegakkan tulang belakang dan busungkan dada. Gerakan butterfly pose ini dapat membantu Mam meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, membuka area panggul dan paha dalam, serta mengarahkan bayi untuk turun menuju area pelvis sehingga bisa memudahkan Mam dalam proses kelahiran. Tentunya akan berdampak baik juga untuk relaksasi tubuh dan pikiran, Mam.

Squat Pose

Nah, Mam, gerakan yoga satu ini sangat efektif untuk membantu area panggul agar bisa lebih terbuka sehingga proses melahirkan bisa lebih mudah. Mulailah dengan berdiri tegak, lalu turunkan badan secara perlahan hingga membentuk posisi berjongkok. Lalu, tangkupkan kedua tangan di depan dada dengan bagian sikunya yang menempel pada lutut. Gerakan squat pose dapat mengurangi ketegangan pada tulang punggung, bahu, dan leher; meningkatkan asupan oksigen pada plasenta, mengurangi sakit pinggang, hingga membantu pembukaan saat kontraksi nanti.

Sebelum mempraktikkan berbagai gerakan yoga di atas, sebaiknya Mam berkonsultasi lebih dulu dengan dokter yang menangani Mam, ya. Pastikan bahwa kondisi tubuh dan kehamilan Mam memungkinkan untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut. Semoga Mam dan Si Kecil dalam kandungan selalu sehat, ya!

 

Baca Juga: 

Tips Memasak Bagi Ibu Pekerja

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :