Langkah yang Harus Mam Lakukan Setelah Divonis Keguguran

Badan seorang wanita akan mengalami perubahan setelah divonis keguguran. Mam harus mempelajari hal-hal di bawah ini agar tidak terjadi komplikasi berlebih setelah vonis tersebut. Apa saja?

Biarkan Tubuh Beristirahat, Minimal Selama Satu Hari Penuh

Tubuh Mam membutuhkan istirahat penuh agar segera pulih, dan saat istirahat juga bisa menjadi saat yang baik untuk Mam merefleksikan apa yang baru saja terjadi. Bersedih itu lumrah, dan Mam tidak perlu merasa takut untuk melakukannya.

Saat beristirahat Mam juga tak boleh lupa memakan makanan sehat, sebaiknya hindari comfort food dengan lemak tinggi seperti junk food selama beberapa minggu.

Jangan Lupa Cek Suhu Tubuh Tiap Malam Hari Selama Lima Hari ke Depan

Mam akan merasakan demam yang naik, utamanya pada malam hari selama beberapa hari ke depan. Sebaiknya catat suhu tersebut dan bila tak kunjung turun, sebaiknya Mam segera minum obat atau konsultasi ke dokter.

Mam Tak Perlu Kaget Bila Terjadi Hal Ini

Mam akan mengalami pendarahan seperti ketika menstruasi selama beberapa hari. Kemudian pendarahan ini akan berubah menjadi bercak cokelat yang datang dan pergi selama satu bulan. Mam juga mungkin akan mengalami keram perut yang kuat selama satu atau dua hari.

Untuk menghindari bocornya darah yang mengalir, Mam sebaiknya mengganti pembalut selama 8 jam sekali pada hari pertama terjadinya pendarahan. Bila Mam lebih suka menggunakan tampon jug tidak masalah.

Karena masih pendarahan, Mam juga tak sebaiknya melakukan hubungan suami istri hingga pendarahannya benar-benar berhenti.

Jika Terjadi Hal Berikut, Segera Hubungi Dokter

Bila Mam memiliki demam tinggi yang tak kunjung turun, pendarahan abnormal (lebih banyak daripada ketika menstruasi dan terjadi berhari-hari), keram perut yang tak kunjung hilang setelah tiga hari serta rasa sakit tak tertahankan lainnya, Mam harus segera berkunjung ke dokter.

Mam juga jangan takut untuk meminta bantuan pada orang lain, terutama keluarga. Bila perlu, Mam bisa meminta bantuan psikolog untuk memberikan bantuan yang lebih efektif.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :