Manfaat Semangka Untuk Kehamilan

Ternyata selain rasanya yang segar, semangka memiliki banyak khasiat dan sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Apa sajakah?

Semangka adalah buah yang paling ampuh untuk mengatasi rasa haus dan panas di saat cuaca yang panas. Selain itu, ternyata semangka sangat bermanfaat bagi ibu hamil. The American Pregnancy Association juga merekomendasikan agar ibu hamil mengonsumsi semangka sebanyak 3 porsi setiap harinya. Jadi, bagi ibu dan mama yang sedang hamil dan kebetulan juga adalah penggemar semangka, konsumsi buah segar ini sering-sering, karena akan sangat bagus untuk kesehatan janinnya.

Semangka yang sebagian besar dihasilkan negara-negara di Asia ini merupakan satu-satunya buah merah yang banyak mengandung air tawar. Biasanya ibu hamil mengonsumsinya dengan cara langsung dimakan atau dicampur dalam salad buah. Tetapi, ada juga yang mengombinasikannya dalam berbagai resep, seperti: saus, sorbets, dan smoothies.

Semangka yang segar selain mengandung vitamin A, C, dan potassium juga memiliki vitamin B6 dan magnesium. Semua nutrisi ini sangatlah dibutuhkan ibu hamil. Apalagi di dalam buah tersebut terdapat lycopene dan antioksidan yang bisa mencegah penyakit jantung dan kanker, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi dari International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan bahwa lycopene yang terkandung dalam buah semangka dapat mengurangi terjadinya risiko pre-eklamsia pada ibu hamil. Jadi apa sajakah manfaat semangka tersebut? Berikut beberapa khasiat semangka bagi kehamilan:

  1. Mengurangi rasa mual.
  2. Membantu mengurangi gejala morning sickness di kehamilan trisemester pertama.
  3. Meringankan gejala heartburn atau rasa panas pada perut.
  4. Berfungsi sebagai penambah cairan tubuh.
  5. Mencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama.
  6. Mengurangi terjadinya risiko pre-eklampsia hingga 50 persen.
  7. Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem kekebalan tubuh pada janin.

Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat luar biasa dalam membesarkan dan menjaga buah hatinya telah menginspirasi saya untuk menularkan semangat hebat sosok wanita tersebut dalam bentuk tulisan yang diharapkan dapat membantu para ibu dan mama dalam merawat dan memelihara buah hati tercinta.

Related Posts

Comments :