Pertama Kali Mengganti Popok? Ini Tips Buat Ayah

Mengganti popok memang identiknya dilakukan oleh Mam, namun bukan berarti Ayah lepas tangan. Ayah harus tetap bisa melakukannya! Berikut tips mengganti popok untuk Ayah yang belum pernah sama sekali melakukannya. Mudah, kok!

Yang Perlu Dipersiapkan:

  • Tissue basah (atau kapas dengan air hangat)
  • Popok sekali pakai yang baru
  • Krim bayi
  • Baju ganti (jika perlu)
  • Handuk kering

Langkah penggantian popok:

  1. Tidurkan bayi di atas kasur yang sudah dilapisi oleh alas ganti popok.
  2. Buka popok dengan cara membuka kedua perekatnya lalu menurunkannya. Bungkus popok dengan cara membulatkannya lalu mengaitkan dua perekatnya kembali.
  3. Untuk popok bentuk celana, bisa dibuka dengan cara merobek sisi kiri dan kanan popok.
  4. Sebaiknya tak membuka popok jenis ini dengan cara menurukannya seperti ketika bayi menggunakan celana karena kotoran bisa berceceran dan justru membuat repot nantinya.
  5. Pastikan kulit si kecil kering lalu bubuhkan krim bayi pada area kulit yang akan diberi popok.
  6. Untuk popok berbentuk celana, Ayah hanya perlu memasukkan kaki si kecil pada lubang yang ada di popok tersebut.
  7. Untuk popok tipe perekat, pastikan Ayah harus memastikan bahwa bagian depan dan belakang popok sejajar. Hal ini dilakukan agar popok tidak bocor ketika digunakan oleh si kecil.
  8. Ayah juga sebaiknya tak merekatkan popo dengan perekat terlalu erat karena bisa membuat kulit iritasi. Hal ini juga bisa membuat si kecil rewel, lho!

Yang Perlu Diperhatikan

Untuk anak laki-laki, letakkan handuk kecil untuk menutupi penisnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah ia buang air dan memancur pada tubuh Ayah.

Untuk anak perempuan, lakukan gerakan mengusap di area vagina untuk mencegah kotoran masuk dan menimbulkan infeksi.

Bagaimana? Tidak terlalu susah kan untuk mengganti popok si kecil? Hanya perlu ketelatenan dan kebiasaan untuk melakukannya. Siapa bilang mengganti popok hanya pekerjaan perempuan?

Selain itu, mengganti popok juga bisa menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada anak. Karena, anak harus diajak berkomnukasi selama popoknya diganti agar tidak bosan dan oleng ke kanan dan ke kiri.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :