Perut Keras Saat Mengandung? Ternyata Inilah Alasannya

Merasa perut Mam mengeras saat hamil? Sebaiknya tak perlu panik karena ada beberapa alasan umum mengapa hal ini kerap terjadi pada ibu hamil. Apa saja?

Rahim Membesar

Rahim yang membesar saat hamil dapat memberikan tekanan pada perut. Apalagi, perut dipaksa mengembang dari dalam sehingga pada trimester pertama tak jarang perut Mam terasa mengeras.

Saat trimester kedua, bayi yang tumbuh dan volume air yang meningkat di perut juga menjadi penyebab perut Mam mengeras.

Janin Berkembang

Janin yang berkembang pada trimester kedua membuat perut semakin membesar dan rasa keras pun akan semakin menjadi.

Tulang yang tumbuh saat janin masuk pada masa tersebut juga bisa membuat ke kamar kecil menjadi sulit. Tapi Mam tak perlu khawatir karena ini adalah hal yang sangat normal terjadi pada ibu hamil.

Perut yang mengeras ini juga akan terjadi hingga trimester ketiga, bayi yang semakin terbentuk menyebabkan tekanan pada perut makin membesar. Sehingga tak hanya rasa nyeri yang dirasakan, tetapi juga perut makin mengeras.

Braxton Hicks

Braxton hicks adalah “kontraksi palsu” yang kerap terjadi pada trimester kedua dan ketiga masa kehamilan Mam. Kontraksi palsu ini dirasakan oleh tubuh Mam dalam rangka mempersiapkan proses persalinan nantinya, sehingga umum terjadi.

Braxton hicks ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa perut Mam terasa begitu keras saat hamil. Ada baiknya Mam mencatat kapan terjadi kontraksi ini karena bisa membantu dokter untuk menganalisa kondisi kehamilan.

Hidup Kurang Sehat yang Berujung Sembelit

Salah satu penyebab lainnya mengapa perut Mam terasa keras saat hamil adalah sembelit. Sembelit tak hanya disebabkan oleh kurangnya serat dalam tubuh, tetapi juga stres dan kurang olahraga. Saat hamil, Mam tak hanya mengalami perubahan dalam tubuh, tetapi juga mental.

Tak sedikit ibu hamil yang mengalami kecemasan hingga menjadi stres. Hal ini bisa menumpuk dan menyebabkan sembelit, yang berujung pada perut yang mengeras.

Tak perlu bingung bila perut mengeras saat hamil, hal ini sangat umum terjadi. Namun bila perut mengeras dan disertai rasa sakit yang tak kunjung hilang padahal Mam belum mendekati waktu persalinan, segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :