Ibu Hamil Bersepeda, Amankah?

Sepeda, alat transportasi ini semakin hari digemari untuk berpergian kemana pun, dimana pun, kapan pun sampai rintangan apa pun. Asal pengendaranya mampu tentunya. Mam juga salah satu orang yang gemar bersepeda? Kegemaran ini memang baik untuk kesehatan jantung, kesehatan mental karena melatih rasa lelah sambil menikmati pemandangan dan juga ramah lingkungan.

Lalu ketika hamil, apakah Mam akan tetap bersepeda? Meski sebelumnya Mam sudah sering ataupun mahir bersepeda, Mam juga perlu ingat bahwa kemampuan tubuh ketika sedang mengandung pastinya berkurang dari biasanya. Oleh karena itu perlu mempersiapkan dan melakukan beberapa hal jika Mam memang ingin bersepeda saat hamil.

Timing bersepeda bagi ibu hamil

Adakah waktu yang tepat atau setidaknya aman bagi ibu hamil untuk bersepeda? Jawabannya tentu ada. Waktu yang tepat secara umum bagi ibu hamil untuk bersepeda adalah sebelum trisemester ketiga, karena saat trisemester ketiga beban tubuh berada pada fase terberatnya belum lagi yang memberikan tekanan lebih pada punggung ibu hamil.

Trisemester pertama dan kedua lah yang menjadi pilihan aman. Jika Mam ingin bersepeda pada periode ini, Mam hanya perlu memperhatikan kemampuan dan kondisi tubuh yang tak jarang masih sering mengalami mual dan pusing. Buatlah antisipasi.

Dan pada trisemester kedua, walau beban tubuh sudah bertambah sudah bertambah dibandingkan trisemester pertama, resiko gangguan seperti mual, pusing pada Mam lebih jarang terjadi.

Resiko jika ibu hamil terjatuh saat bersepeda

Ibu hamil bersepeda sebaiknya mengetahui resiko mendasar bisa terjadi, seperti jatuh saat bersepeda. Kecelakaan bersepeda semacam ini bisa menyebabkan abrubsi plasenta. Mam belum tahu apa itu abrubsi plasenta? Yakni kondisi saat plasenta terpisah dari rahim yang kemudian menyebabkan persalihan lebih awal/premature bahkan keguguran.

Tips aman bersepeda bagi ibu hamil

Setelah Mam paham kapan waktu yang tepat untuk ibu hamil bersepeda, kini saatnya mengetahui tips-tips amannya. Amankah ibu hamil bersepeda? Tentu, asal mengikuti tips-tips berikut ini.

  • Meminta saran dokter sebelum berencana untuk bersepeda untuk saran dan arahan yang lebih spesifik. Dan jika dokter kandungan tidak menyarankan atau bahkan melarang Mam untuk bersepeda kala hamil, sebaiknya puaskan niat bersepeda untuk 9 bulan saja ya.
  • Mengenakan perlengkapan dan pakaian yang aman, seperti helm standar bersepeda dan baju olahraga yang mampu menyerap keringat, tidak terlalu ketat dan tentunya nyaman digunakan.
  • Safety first ! Ini sudah pasti jadi prinsip utama dan hal pertama yang harus selalu diingat. Utamakan kesehatan selama ibu hamil bersepeda dengan cara memilih rute bersepeda yang aman, berhati-hati di jalan yang tidak rata tidak rata atau banyak polisi tidur, menggunakan jalur khusus bersepeda dan selalu mewaspadai kendaraan yang berhenti mendadak ataupun pengendara lain di jalan.
  • Cek sepeda jangan sampai terlewat dilakukan sebelum bersepeda. Periksa mulai dari kondisi rantai, gear, rem dan tekanan angina ban agar menghindari risiko yang membuat ketidaknyamanan atau kecelakaan.
  • Pahami kebutuhan diri saat bersepeda. Jika sebelumnya bersepeda selalu dilakukan sendirian, namun saat hamil ragu terjadi apa-apa di jalan, sebaiknya minta pasangan Mam atau teman untuk menemani Mam bersepeda. Selain aman, seru juga loh bersepeda bersama walau sedang hamil.
  • Bersepeda untuk menikmati waktu. Bersepeda ketika sedang hamil mungkin agar sedikit bergeser manfaatnya, dari yang asalnya untuk kesehatan fisik menjadi untuk kesehatan psikis. Memang saat hamil, Mam kemungkinan besar berkurang jarak jelajah hariannya, jadi ketika bersepeda nikmatilah pemandangan dan suasananya untuk menyegarkan jiwamu Mam!

Ingat selalu untuk tahu tanda-tanda kelelahan pada diri Mam saat bersepeda. Nikmati bersepedamu, nikmati kegemaranmu dan yang terakhir, don’t push yourself too hard, Mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :