Aplikasi yang Akan Membantu Mam Melihat Kalender Menstruasi

Umumnya, siklus menstruasi wanita terjadi selama sekitar 28 hari. Namun, karena berbagai faktor, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama. Bahkan siklus menstruasi pada beberapa wanita tidak selalu terjadi pada tanggal yang sama tiap bulannya. Apakah Mam juga mengalami hal serupa?

Jika iya, kemungkinan besar Mam pasti mengalami kesulitan tersendiri dalam menjadwal siklus menstruasi. Namun, tak perlu lagi khawatir, kini Mam bisa menggunakan beberapa aplikasi smartphone yang mampu memudahkan Mam untuk menjadwal siklus menstruasi tiap bulannya.

Clue

Salah satu keunggulan aplikasi ini terletak pada desainnya yang simpel, Mam. Clue bahkan memiliki 31 kategori tracking di dalam aplikasinya. Jadi, siklus menstruasi bukan satu-satunya kategori yang bisa Mam pantau melalui aplikasi buatan Jerman ini. Mam juga bisa memonitor waktu tidur, level energi, hingga mood sehari-hari. Dengan begitu, jika Mam rutin mencatat data di Clue, Mam bisa mengetahui pola reaksi tubuh terhadap datangnya menstruasi.

Pink Pad

Lebih dari sekadar aplikasi untuk mencatat siklus menstruasi, Pink Pad juga berfungsi sebagai media sosial. Mam bisa membuat akun untuk berinteraksi dengan sesama pengguna Pink Pad lainnya, misalnya bertanya tentang hal-hal seputar kesehatan reproduksi, berbagi cerita, hingga memberi opini. Desainnya cukup simpel sehingga tidak membingungkan dan mudah untuk digunakan, Mam.

Eve

Apabila Mam suka dengan warna-warna cerah dan desain yang cenderung ramai, maka Eve adalah aplikasi yang wajib Mam download untuk mencatat siklus menstruasi. Mam akan diminta memilih salah satu dari beberapa stiker bergambar untuk menggambarkan kondisi tubuh terkait menstruasi. Dalam memberikan notifikasi pun, Eve selalu menggunakan berbagai rangkaian emoticon atau emoji. Di dalam aplikasi ini juga terdapat semacam ensiklopedia berisi informasi yang terkait dengan menstruasi dan reproduksi.

Period Tracker

Aplikasi satu ini cocok bagi Mam yang suka dengan hal-hal berbau simpel dan to-the-point. Period Tracker hadir dalam bentuk kalender yang akan merekam data tentang siklus menstruasi Mam. Jadi, pada kalender tersebut, nantinya bukan hanya siklus menstruasi saja yang akan tercatat, tetapi juga masa subur dan ovulasi. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Mam bisa membeli yang versi deluxe.

Glow

Glow tak hanya mampu merekam jadwal siklus menstruasi, tetapi juga dapat membantu Mam yang sedang berencana untuk memiliki momongan. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur fertilitas yang datanya bisa Mam bagikan kepada pasangan. Bahkan Glow mengklaim bahwa aplikasi mereka telah berhasil membantu 20.000 wanita untuk hamil hanya setahun setelah dirilis. Glow juga bisa memfasilitasi Mam untuk memantau mood, gejala menstruasi, hingga aktivitas seksual.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi di atas, Mam bisa jauh lebih mudah mencatat siklus menstruasi tiap bulannya. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan akan memberikan notifikasi beberapa hari sebelum jadwal menstruasi Mam datang sehingga Mam bisa menyiapkan diri.

 

Baca Juga: 

Kiat Memesan Paket Wisata Online untuk Persiapkan Liburan Natal dan Tahun Baru

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :