Ingin Hamil Anak Kembar? Ikutilah Tips Berikut

Memiliki bayi kembar tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri sekaligus menyenangkan. Dengan hanya sekali proses hamil dan melahirkan Mam bisa mendapatkan dua bayi sekaligus. Anak kembar juga bisa didandani dengan busana dan penampilan yang sama sehingga terlihat lucu dan menggemaskan. Namun kehamilan kembar relatif jarang terjadi. Bagaimana cara untuk meningkatkan peluang mendapatkan bayi kembar? Ikuti tips berikut.

Konsumsi asam folat

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung asam folat selama menjalani program hamil maka akan meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Karena asam folat dapat membantu meningkatkan proses ovulasi. Makanan yang mengandung asam folat tinggi diantaranya sayuran hijau, ikan laut, brokoli dan lainnya. Mam juga bisa mengkonsumsi suplemen asam folat tambahan ataupun multivitamin yang mengandung asam folat. Cara ini dapat meningkatkan 40 persen peluang untuk menghasilkan anak kembar

Mengkonsumsi susu

Perempuan hamil yang rutin mengkonsumsi produk susu dan olahannya berpeluang lebih besar untuk hamil anak kembar. Kalsium dalam susu dapat meningkatkan peluang memiliki bayi kembar. Hal ini akan meningkatkan peluang hingga 5 kali lebih besar bila dibandingkan dengan perempuan hamil yang jarang mengkonsumsi susu. Selain itu konsumsilah makanan dan minuman yang kaya gizi. Gizi seimbang dan nutrisi yang cukup dapat merangsang terjadinya kehamilan kembar.

Hamil di usia 30 tahun ke atas

Bayi kembar sebagian besar dimiliki oleh perempuan dalam rentang usia 30-40 tahun. Perempuan dengan usia yang matang memilki peluang hamil kembar lebih besar karena proses ovulasi yang terjadi lebih cepat. Sehingga Mam bisa melepaskan lebih dari satu sel telur (ovulasi ganda) setiap bulan. Percepatan ini terkait dengan cara kerja dan fungsi ovarium seiring dengan pertambahan usia.

Perempuan berusia matang akan memproduksi FSH (follicle stimulating hormone) yang lebih banyak sehingga meningkatkan peluang untuk memproduksi beberapa sel telur. Hal ini tentunya meningkatkan peluang hamil kembar lebih besar bila dibandingkan hamil di usia 30 tahun ke bawah.

Berhenti KB

Bila Mam menjalani KB hormonal dalam waktu 6 bulan hingga setahun, sebaiknya mulai berhenti agar siklus tubuh dapat menyesuaikan diri lagi. Hal ini akan membuat hormon menjadi berubah, kadar hormon meningkat dan peluang Mam untuk memproduksi lebih dari satu sel telur atau ovulasi ganda dalam satu siklus akan tercapai. Selain itu hindari stress karena akan dapat mempengaruhi proses ovulasi.

Meski tidak memiliki riwayat faktor genetik dalam keluarga untuk menghasilkan bayi kembar, tak ada salahnya Mam mencoba tips-tips diatas. Pasangan yang memiliki bayi kembar memang sangat beruntung. Namun tetaplah ingat bahwa setiap bayi, baik kembar atau tidak adalah anugerah yang luar biasa dari tuhan. Semoga berhasil!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :