Ingin Hamil? Coba Serangkaian Tes Ini

Setelah menikah, tentu pasangan suami-istri berharap agar segera diberikan kepercayaan untuk memiliki seorang anak. Tetapi sebuah kehamilan bukanlah suatu hal yang mudah digapai dan bisa diperoleh sesegera mungkin setelah Anda menikah. Mam, kehamilan merupakan suatu fase dimana Anda harus siap dan berjanji untuk menjaga kesehatan demi diri Anda dan juga calon bayi Anda. Oleh karena itu memastikan diri Anda sehat terlebih dahulu menjadi penting, dengan mencoba rangkaian tes di bawah ini.

Pre-pregnancy check-up

Sebelum mempersiapkan kehamilan, penting rasanya untuk memeriksakan diri Anda ke dokter dan melakukan serangkaian pre-pregnancy check-up. Ketika melakukan pemeriksaan, Anda harus siap untuk menceritakan riwayat kesehatan keluarga dan juga pasangan Anda, obat apa yang sedang dikonsumsi, dan juga gaya hidup yang Anda jalani. Beberapa hal tersebut dapat membantu dokter Anda menilai jenis tes mana yang nantinya Anda butuhkan. 

Sun juga menyarankan para pasiennya untuk berhenti meminum alkohol, konsumsi obat-obatan terlarang, dan merokok selama mencoba hamil. Dokter juga kemungkinan akan melakukan tes darah dan urin dasar untuk mengetahui beragam infeksi menular seksual dan meninjau catatan imunisasi Anda sekaligus menguji kekebalan tertentu.

Vaksinasi Prenatal

Fungsi kekebalan tubuh Anda cenderung melemah selama masa kehamilan, hal inilah yang membuat ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap infeksi dan juga penyakit komplikasi. Vaksinasi juga bisa membantu Anda untuk mencegah atau mengurangi keparahan penyakit yang membahayakan Anda dan juga bayi selama kehamilan. Ada beberapa vaksinasi yang bisa diterima oleh ibu hamil dan juga bisa menyebabkan beberapa komplikasi jika dilakukan selama masa kehamilan.

Vaksinasi flu memang selalu dilanjutkan untuk wanita yang sedang hamil selama musim flu karena itu merupakan cara terbaik Anda untuk melindungi diri selama masa awal kehamilan. Sedangkan untuk vaksinasi cacar air dan rubella (campak) sebaiknya dilakukan sebelum Anda mencoba hamil. Karena jika dilakukan pada saat hamil, anda akan meningkatkan risiko terkena pneumonia sebagai komplikasinya. Sebaiknya Anda melakukan vaksinasi tersebut satu bulan sebelum Anda mencoba untuk hamil.

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Banyak sekali jumlah infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan infertilitas atau mempengaruhi kesehatan Anda dan juga bayi selama kehamilan. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengikuti tes IMS sebelum mencoba hamil dan sedang berada pada masa awal kehamilan. IMS seperti Klamidia dan gonore sering kali tidak terdiagnosis karena pada orang yang memiliki IMS tidak ditemukan gejala apapun. Kedua infeksi ini juga bisa merusak saluran tuba yang menyebabkan radang panggul sehingga bisa menyebabkan kemandulan.

Tes IMS dilakukan karena memang IMS dapat mempengaruhi kehamilan dan juga kesehatan bayi Anda. Karena jika ditemukan adanya IMS seperti Klamidia pada sang ibu, maka pada saat lahir bayi tersebut terlahir premature serta terkena infeksi mata atau pneumonia. Sedangkan untuk gonore dapat menyebabkan keguguran, ketuban pecah dini, premature, infeksi darah mata, sendi, dan juga lainnya. Itu baru dari dua jenis penyakit IMS, bagaimana dengan penyakit lainnya? Oleh karena itu pemeriksaan IMS juga penting dilakukan sebelum Anda hamil.

Genetic Screening

Usia, riwayat keluarga, dan latar belakang etnis Anda bisa menjadi faktor risiko bayi Anda terlahir dengan kondisi genetic, di antara dapat mengurangi kualitas dan lamanya hidup calon anak. Banyak penyakit genetic bawaan yang terjadi pada populasi tertentu seperti, thalassemia, hemoglobinopathy, cystic fibrosis, dan juga lainnya. Oleh karena itu pemeriksaan genetik perlu dilakukan sebelum Anda hamil.

Nah, Mam, Itulah beberapa rangkaian tes yang harus Anda lakukan sebelum memasuki masa kehamilan. Bukan tanpa alasan, tetapi memang rangkaian tes tersebut demi kesehatan Anda dan juga bayi.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :