Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Hal yang Harus Diketahui Ibu Muda Saat Menyusui

Menjadi seorang ibu baru adalah hal yang menyenangkan. Namun di samping itu Mam juga akan direpotkan dengan berbagai hal seperti menyiapkan boks bayi, mempersiapkan kelahiran, membeli perlengkapan bayi, popok dan lainnya untuk Si Kecil. Salah satu hal yang juga harus dipersiapkan adalah menyusui. Jangan sampai salah ya Mam, simak 5 hal yang harus diketahui ibu muda saat menyusui dibawah ini!

Menyusui itu melelahkan

Bayi yang baru lahir pasti akan merasa lapar dan haus. Tak jarang Si Kecil akan menangis dan marah bila hal itu terjadi. Sebaiknya Mam harus tahu kapan waktu Si Kecil merasa lapar. Mam bisa mengetahuinya dari gerakan Si Kecil, misalnya menjilat bibir atau mengecap saat dia merasa lapar seperti. Menyusui dalam frekuensi yang sering dalam sehari tak pelak membuat ibu muda kelelahan.

Berusahalah tetap tenang

Menyusui Si Kecil memang tidak semudah yang dibayangkan. Seorang ibu muda harus selalu tenang saat menyusui bayi yang baru lahir. Bila Mam tidak tenang, aktivitas memberikan ASI kepada Si Kecil menjadi hal yang menyakitkan dan tidak nyaman. Berusahalah setenang mungkin saat menyusui dengan memilih ruangan yang sejuk dan nyaman. Mam juga bisa memijat payudara sebelum mulai menyusui.

Air putih bukan pengganti ASI

Kebanyakan ibu muda berpikir bahwa memberikan asupan cairan dengan air putih bisa menjadi solusi untuk Si Kecil agar tidak merasa lapar. Padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan. Karena memberikan air putih untuk bayi yang baru lahir bisa menyebabkan dia mabuk dan pembuluh darahnya menjadi tidak seimbang. ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga Si Kecil berumur 6 bulan.

Risiko penyakit kuning

Bayi yang baru lahir di negara-negara Asia misalnya Cina bisa mengalami risiko penyakit kuning. Penyakit kuning saat menyusui disebabkan karena produksi ASI tidak mencukupi. Biasanya hal ini terjadi di minggu-minggu pertama. Bila penyakit kuning terjadi, Mam masih tetap bisa menyusui Si Kecil dan memberinya ASI.

Perlu dukungan

Menyusui bukan hal yang mudah dilakukan oleh ibu muda. Karena itulah peran keluarga dan orang-orang terdekat sangat dibutuhkan untuk memberi semangat. Dukungan dan support diperlukan agar ibu muda tetap merasa tenang baik secara fisik dan emosi. Jangan khawatir Mam bila di hari-hari pertama kesulitan menyusui. Di hari berikutnya Mam akan lebih terbiasa.

Inilah hal yang harus diketahui oleh para ibu muda dan bisa diterapkan saat menyusui nanti nantinya. Untuk Mam yang akan menjadi ibu muda sebentar lagi, menyusui adalah kewajiban yang harus Mam berikan untuk kebaikan Si Kecil. Jangan lupa untuk selalu meminta bantuan orang terdekat atau keluarga saat mengalami kesulitan dalam menyusui. Semoga bermanfaat Mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :