Jenis-Jenis Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan seorang ibu, meningkat pula kebutuhan vitamin yang harus dikonsumsi. Terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua, yakni ketika pertumbuhan otak dan susunan saraf pada Si Kecil mulai tumbuh dengan pesat. Nah, agar Mam dan Si Kecil selalu sehat hingga kelahiran nanti, ada beberapa jenis vitamin yang wajib Mam konsumsi.

Vitamin D

Ketika masuk ke tubuh, vitamin D mampu mengatur kalsium dan fosfat yang diperlukan untuk menjaga agar tulang dan gigi selalu sehat. Hal ini juga berpengaruh pada Si Kecil dalam kandungan lho, Mam. Kurangnya asupan vitamin D pada tubuh saat hamil berisiko menyebabkan penyakit tulang pada Si Kecil ketika lahir, seperti rakhitis. Vitamin D ini dapat ditemukan pada telur, daging, dan minyak ikan.

Zat Besi

Vitamin zat besi dapat Mam konsumsi melalui bayam, daging, hati, atau kacang-kacangan. Zat besi memiliki fungsi penting dalam pembentukan sel darah merah. Apabila kekurangan zat besi, Mam bisa terserang anemia sehingga cepat merasa lelah. Umumnya, zat besi dibutuhkan ketika usia kehamilan memasuki 20 minggu, namun Mam tetap bisa mengonsumsi zat besi sejak awal kehamilan, kok.

Asam Folat

Vitamin satu ini sangat penting dalam pembentukan sel dan sistem saraf Si Kecil. Lebih dari itu, asam folat juga mampu membantu mencegah cacat lahir yang dikenal sebagai cacat tabung saraf. Mam bisa mengonsumsi tablet asam folat secara rutin sejak usia kehamilan masih berusia 0-12 minggu. Asam folat ini bisa Mam dapatkan melalui beras merah, sereal, margarin, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin C

Sudah memenuhi kebutuhan zat besi? Lengkapi dengan vitamin C karena berguna untuk menyerap zat besi tersebut. Selain itu, vitamin C juga mampu melindungi organ dan jaringan tubuh dari berbagai macam kerusakan. Kandungan antioksidannya akan mengurangi risiko kanker. Mam bisa mendapatkan asupan vitamin C dengan memakan buah-buahan seperti jeruk dan berries.

Kalsium

Asupan kalsium yang cukup dalam tubuh mampu menghindarkan Mam dari risiko osteoporosis. Tidak hanya itu, kalsium juga berguna dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil. Apabila asupan kalsium kurang, kebutuhan kalsium Si Kecil dalam kandungan akan diambilkan dari tulang Mam. Seringlah mengonsumsi susu, ikan, serta makanan dan minuman lain yang mengandung kalsium.

 

Mulai sekarang, jangan lupa untuk terus rajin mengonsumsi kelima vitamin di atas ya, Mam. Jangan sungkan meminta tolong Ayah untuk mengingatkan Mam tentang hal ini. Semoga Mam dan Si Kecil dalam kandungan selalu sehat terus hingga lahiran nanti.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :