Luar Biasa, Inilah Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Kedelai merupakan sumber protein nabati dan minyak nabati utama di dunia ini.  Konsumsi kedelai sendiri cukup tinggi bagi masyarakat Indonesia. Baik dalam bentuk kedelai utuh atau dalam bentuk olahan seperti tahu, tempe, dan kecap. Kedelai memang memiliki banyak nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, energi, lemak, dan protein. Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam kedelai sudah pasti banyak manfaat yang didapat dari mengonsumsinya.

Selama proses kehamilan, Mam lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi daripada saat sebelum hamil. Hal ini dikarenakan janin membutuhkan nutrisi lengkap yang cukup untuk proses perkembangannya. Salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap adalah kedelai. Beberapa manfaat sari (susu) kedelai untuk ibu hamil adalah.

Sebagai Sumber Energi

Ibu hamil akan lebih sering merasa mudah lelah saat hamil daripada saat sebelum hamil. Hal ini sudah pasti karena adanya janin di perut yang menambah beban tubuh. Untuk itu, sebagai asupan sehari-hari, Mam yang sedang hamil bisa mengonsumsi sari kedelai sebagai tambahan energi. Kandungan karbohidrat dalam sari kedelai mampu memberikan asupan nutrisi untuk ibu dan janin, sekaligus menambah energi. Selain itu, kandungan karbohidrat dari sari kedelai bisa membantu pertumbuhan janin.

Sebagai Sumber Vitamin

Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa kedelai mempunyai kandungan vitamin yang cukup lengkap. Vitamin A pada kedelai baik untuk kesehatan mata janin. Sedangkan kombinasi vitamin B, B1 dan E bisa membantu pertumbuhan tulang janin dan juga meminimalisir risiko keguguran.

Membantu Memerangi Kolesterol Jahat

Selama proses kehamilan, beberapa gangguan kesehatan bisa saja terjadi pada ibu hamil akibat dari peningkatan kolesterol jahat. Jika kadar kolesterol ini terus meningkat, maka kesehatan ibu dan janin bisa terganggu. Untuk mengurangi resiko penumpukan kolesterol, Mam bisa mengonsumsi sari kedelai. Kandungan lemak nabati pada kedelai dinilai mampu untuk menurunkan dan melawan kadar kolesterol jahat. Selain itu, sari kedelai akan menambah cadangan lemak bagi Mam dan Si Kecil.

Sebagai Sumber Kalsium dan Asam Folat

Kandungan kalsium pada kedelai mampu mencukupi kebutuhan asupan kalsium ibu hamil yang membutuhkan 1200 mg setiap harinya. Selain itu kedelai juga mempunyai bahan phytoestrogen yang mampu membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Fungsi kalsium bagi ibu hamil adalah sebagai sumber nutrisi pembentukan jaringan tulang, gigi, dan rambut pada janin. Sedangkan asam folat sangat penting karena membantu perkembangan sel saraf janin. Jika sel saraf berkembang dengan baik, maka janin bisa terlahir dengan tingkat kecerdasan yang tinggi. Mam bisa mulai mengonsumsi sari kedelai semenjak awal kehamilan sebagai persiapan tumbuh kembang janin yang optimal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mam yang sedang hamil akan lebih rentan terkena infeksi atau tertular berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan tubuh sedang membangun jaringan khusus untuk pertumbuhan janin. Vitamin A dalam kedelai bisa membantu ibu hamil meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah anemia, dan membantu perkembangan jaringan tubuh janin.

Mencegah Pendarahan Pasca Persalinan

Kandungan fitonutrisi, antioksidan alami, asam lemak omega 3, dan asam lemak omega 6 dalam kedelai membantu menguatkan lapisan pembuluh darah. Selain menguatkan, nutrisi ini juga melindungi sel darah dari serangan sel yang bisa menyebabkan pendarahan. Konsumsi sari kedelai di awal kehamilan dapat menguatkan kandungan untuk mengurangi resiko keguguran.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :