Makanan Sehat Untuk Diet Ibu Hamil

makanan diet ibu hamil

Kehamilan adalah kebahagiaan yang luar biasa bagi setiap ibu. Sudah menjadi kewajiban bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan janin, salah satunya dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk dirinya dan janin di dalam rahimnya. Melakukan diet seimbang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mewujudkannya.

Wanita mana yang tidak bahagia kala diberikan amanah calon buah hati. Semua wanita pasti menginginkannya. Oleh karena itu, saat hamil, seorang ibu harus menjaga kesehatan, rajin memeriksakan diri ke dokter, dan yang tak kalah penting adalah nutrisi yang dikonsumsi.

Kondisi ibu hamil tentu akan berbeda dengan masa sebelum hamil. Kini di dalam rahim ibu ada janin yang menerima asupan nutrisi dari ibunya. Sehingga ibu hamil tak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Kebutuhan nutrisi ibu hamil lebih besar jika dibandingkan dengan ibu yang tidak hamil. Seperti yang dilansir dalam Healthmeup, seorang wanita yang tengah hamil, setiap harinya, membutuhkan tambahan kalori 300 Kcal, kalsium 600 mg, tambahan protein 15 mg, dan juga tambahan zat besi 8 mg. Oleh karena itu, ibu hamil harus mencukupi kebutuhan tersebut supaya kehamilan tetap terjaga dan janin tumbuh optimal. Beberapa suplemen untuk mendukung kebutuhan nutrisi ibu hamil memang ada, seperti zat besi dan kalsium. Namun, tidak ada salahnya kok tetap rajin konsumsi sumber makanan yang kaya akan zat besi dan kalsium ini.

Melakukan pola makan sehat dengan gizi seimbang saat hamil memang harus dilakukan. Caranya dengan melakukan diet ibu hamil. Diet ibu hamil ini diupayakan untuk menghindari asupan kalori berlebih dengan tidak mengurangi kebutuhan akan nutrisi. Memang, saat hamil godaan untuk menikmati aneka camilan dan makanan berporsi banyak biasanya melanda. Apalagi jika saat ngidam ibu hamil ingin makan makanan yang tak sehat dan berlemak. Belum lagi morning sickness yang terkadang membuat ibu hamil hanya bisa makan kudapan tertentu yang sebenarnya tidak disarankan untuk nutrisi kehamilannya.

Konsep diet ibu hamil yang bisa dipahami, sebenarnya adalah melakukan pembatasan kalori berlebih dan mencukupi nutrisi kebutuhan tubuh dengan seimbang. Dengan diet ini, berat badan ibu hamil pun akan lebih terjaga dan terhindar dari risiko berat badan berlebih. Lalu makanan apa sih yang tepat untuk dikonsumsi dalam diet ibu hamil? Beberapa makanan berikut ini bisa Anda sertakan dalam menu diet hamil sehari-hari. Yuk disimak!

  • Susu
    Kebutuhan kalsium meningkat selama kehamilan. Melengkapi konsumsi susu saat kehamilan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Jika Anda tak menyukai minum susu, bisa dengan mengkonsumsi aneka olahan susu, seperti yoghurt dan keju. Konsumsi susu sekitar 4 cangkir setiap harinya berguna untuk menguatkan tulang, gigi, dan mencegah osteoporosis.
  • Kacang-kacangan
    Sumber makanan berbahan kacang-kacangan ini bisa Anda temukan dalam tahu dan tempe. Kedua makanan ini berbahan kacang kedelai. Tahu dan tempe merupakan bahan makanan yang mudah didapatkan dengan harga yang murah. Setiap hari, Anda bisa menyertakan tahu atau tempe setiap jam makan sekitar 50 gr setiap penyajian. Tahu dan tempe sangat mudah untuk diolah, misalnya dijadikan campuran tumisan sayuran, dibacem, digoreng, dan sebagainya.
  • Sayuran
    Sayuran adalah sumber makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi yang sangat penting sebagai nutrisi ibu hamil untuk janin. Sertakan sayuran setiap jam makan tiba, seperti bayam, brokoli, wortel, labu siam, kol, sawi, dan sebagainya dengan pengolahan yang tepat. Anda bisa mengolah bayam dengan dibuat sayur bening bersama wortel, membuat tumis brokoli atau labu siam, dan sebagainya. Sajikan 50-70 gram sayuran setiap kali makan.
  • Buah-buahan
    Buah-buahan juga wajib Anda konsumsi setiap harinya. Bahkan, buah-buahan bisa dijadikan camilan sehat saat Anda hamil. Konsumsi buah-buahan sekitar 150 gram setiap harinya. Anda bisa membuat jus dari buah-buahan atau memotong-motong aneka buah lalu menyajikannya dalam piring dan menyantapnya sebagai camilan.
  • Daging tanpa lemak atau ikan
    Pilih daging tanpa lemak atau ikan segar untuk dikonsumsi. Bahan makanan ini sebaiknya selalu disertakan dalam menu makan Anda, yakni 50 gram setiap penyajian. Daging bisa dimasak dengan digoreng, disayur, atau dijadikan campuran dalam sayuran. Pengolahan ikan dengan cara dikukus atau dipepes bisa menghindarkan Anda dari penggunaan minyak berlebih. Beberapa produk olahan daging dan ikan berpengawet sebaiknya dihindari, seperti nuget, bakso ikan, kornet, dan lain-lain.
  • Padi-padian
    Padi-padian dapat Anda konsumsi pada nasi. Konsumsilah padi-padian ini 3 kali sehari, yakni 100 gram setiap penyajiannya.

Dengan menyajikan makanan di atas dalam menu makan Anda setiap hari dengan porsi yang tepat, Anda sudah menjalankan pola makan dengan gizi seimbang. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil dan janin pun akan tercukupi. Selain itu, berat badan pun akan normal dan tidak berlebihan. Bila ibu mengalami mual dan muntah, makan sering-sering, yakni 1 jam sekali dengan porsi kecil bisa tetap menjaga kebutuhan nutrisi dan mengurangi mual muntah yang dialami.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :