Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

makanan untuk ibu menyusui

Saat bayi lahir ke dunia, satu-satunya nutrisi yang dibutuhkannya adalah ASI (Air Susu Ibu). Ibu mana yang tak merasa bahagia ketika ia bisa menyusui buah hatinya dan berada sangat dekat dengannya. Supaya, bayi sehat, ibu harus memperhatikan konsumsi makanannya supaya lancar menyusui dan ASI berkualitas.

ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir. Begitu menakjubkan manfaat ASI bagi si kecil. ASI dapat memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh mungil si kecil dan juga membuatnya memiliki daya tahan tubuh yang baik terhadap penyakit. Bagi sang ibu, memberi ASI dapat memperkecil risiko terkena kanker payudara dan juga rasa tenang dan kebahagiaan sebagai seorang ibu. Wah, lengkap manfaatnya!

Begitu bahagianya ketika ibu bisa menyusui dan memberikan ASI untuk buah hatinya. Tak ayal, banyak ibu yang berusaha untuk tetap menyusui dan memberikan ASI eksklusif bagi buah hatinya, meskipun waktunya tersita untuk bekerja. Terkadang, ada juga ibu baru yang dibuat khawatir karena ASI-nya tidak lancar, sehingga si kecil sering rewel. Padahal, ia ingin sekali si kecil mendapatkan ASI eksklusif. Dalam hal ini, ibu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Jangan sampai, mengabaikan nutrisinya, karena akan berpengaruh pada kualitas dan kuantitas ASI yang juga dikonsumsi si kecil.

Saat menyusui, ibu jangan kaget jika sering merasa cepat lapar, karena makanan yang Anda konsumsi digunakan untuk memproduksi ASI sebagai asupan utama si kecil. Tak masalah, jika Anda jadi lebih bernafsu saat makan, bahkan harus menambah porsi makanan bergizi supaya kualitas ASI pun semakin bagus. Anda perlu menyadari, bahwa pada masa menyusui ini, tubuh layaknya pabrik alami yang secara terus-menerus memproduksi ASI. Jika asupan makanan yang dikonsumsi sedikit dan tidak bergizi tentu akan berpengaruh pada produk ASI yang dihasilkan. Tak perlu takut tiba-tiba berat badan Anda bertambah beberapa kilogram dan terlihat gendut. Ibu mana sih yang tak ingin buah hatinya sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya? Apalagi ASI-lah satu-satunya yang menjadi sumber nutrisi si kecil saat ia belum mendapatkan makanan pendamping ASI.

Ibu menyusui sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari MSG, pengawet, pewarna, dan minuman beralkohol karena berpengaruh terhadap ASI yang akan dikonsumsi bayi. Lalu apa saja sumber makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu menyusui? Yuk, kita simak penjelasannya.

  1. Sayuran
    Sebaiknya ibu menyusui selalu menyediakan sayuran di kulkas supaya bisa memasaknya setiap hari. Sayuran merupakan sumber zat besi, vitamin, serat, folat, betakaroten, flavanoid, likopen, dan beta-glukan. Konsumsi sayuran seperti daun bayam, kangkung, dan katuk kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan energi dan mencegah anemia. Konsumsi katuk, bisa memperlancar ASI hingga membuat sayuran hijau ini akrab dengan ibu menyusui. Berbagai sayuran hijau tersebut dapat Anda konsumsi dengan mengolahnya menjadi sayur bening, tumisan, hingga dibuat lalapan. Sayuran hijau ini juga mudah didapatkan, yakni di pasar atau di penjual sayur keliling. Oleh karena itu, jika ingin kualitas ASI Anda bagus, tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsinya.
  2. Buah-buahan
    Buah-buahan yang dikonsumi oleh ibu menyusui juga sangat bagus. Kapan saja Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, pepaya, alpukat, mangga, nanas, jambu dan lain-lain. Selain itu, disarankan untuk mengkonsumsi buah dengan antioksidan dan serat yang tinggi, seperti blueberry, blackberry dan stroberi. Kandungan vitamin, A, B, C, dan K yang terdapat dalam buah-buahan sangat bagus untuk kekebalan tubuh ibu menyusui dan juga sang buah hati. Buah-buahan ini juga dapat membantu dalam proses penyerapan zat besi dalam tubuh. Anda dapat menikmati buah-buahan ini secara langsung maupun dibuat jus yang menyegarkan. Saat siang hari, menjadikan buah-buahan sebagai camilan segar akan lebih nikmat. Caranya, potong-potong buah-buahan berbentuk dadu dalam sebuah piring dan sajikan.
  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan ternyata sangat bagus bagi ibu menyusui. Makanan ini banyak mengandung protein, lemak, kalsium, magnesium, folat, fosfor, dan vitamin B, E, C. Protein sangat berperan dalam memperbaiki sel-sel vital, sementara kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang tentu sangat dibutuhkan tubuh Anda dan buah hati. Kacang-kacangan ini dapat Anda temukan dalam kacang kedelai, kacang kenari, kacang pinus, dan hazelnut. Anda dapat menikmati kacang-kacangan ini sebagai camilan atau sebagai campuran dalam olahan masakan, seperti dalam cake.
  4. Ikan
    Ikan yang kaya akan omega 3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak si kecil. Namun, ibu menyusui sebaiknya menghindari jenis-jenis ikan yang mengandung merkuri cukup tinggi, seperti yang terdapat dalam ikan mackerel, hiu, dan todak. Sementara itu, ikan kaya akan omega 3 bisa ditemukan pada ikan salmon dan tuna. Anda bisa menyantap ikan ini dengan mengolahnya digoreng, disayur, maupun dicampur dengan olahan lainnya.

Tidak sulit kan Mom, menjadikan ASI kita lancar dan berkualitas? Tentu si kecil pun akan tumbuh dengan sehat jika mendapatkan nutrisi ASI yang baik.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :