Mam, 5 Makanan Ini Baik Lho buat Ibu Hamil

Memilih makanan pada masa kehamilan mungkin terasa menyulitkan, karena Mam juga harus memenuhi nutrisi Si Kecil di dalam rahim. Mam bisa membaca artikel ini untuk mengetahui makanan yang pas saat hamil!

Walnut

Mam bisa memilih walnut sebagai camilan sehat selama dalam masa kehamilan. Alasannya, selain enak ternyata walnut memiliki banyak zat yang dibutuhkan ibu hamil seperti vitamin C dan zat besi.

Ibu hamil membutuhkan 27 miligram zat besi, jumlah ini dua kali lipat dari kebutuhan manusia pada umumnya. Hal ini karena ibu hamil harus menyediakan oksigen untuk bayi melalui darah. Walnut dapat memenuhi kebutuhan itu apabila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan.

Pisang

Pisang ada dalam jajaran teratas buah yang baik dikonsumsi saat masa kehamilan. Kandungan potassium di pisang sangat tinggi. Potassium penting untuk ibu hamil karena membantu menyeimbangkan kadar cairan dan elektrolit dalam tubuh. Dengan kadar cairan dan elektrolit yang seimbang maka rasa nyeri yang kerap timbul saat hamil bisa teratasi.

Yogurt

Selama kehamilan, Mam membutuhkan lebih banyak protein dan kalsium untuk membantu perkembangan janin. Jenis makanan yang dikenal luas kaya akan kandungan protein dan kalsium adalah jenis olahan dairy atau yang berasal dari susu. Salah satu dairy product yang baik untuk ibu hamil adalah yogurt.

Yogurt memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan produk olahan susu lainnya seperti keju misalnya. Kebanyakan yogurt yang beredar di pasaran juga memiliki kandungan bakteri prebiotik. Bakteri ini dibutuhkan ibu hamil untuk melancarkan pencernaan yang sering terganggu oleh rasa mual. 

Salmon

Mam tentu familiar dengan jenis ikan yang ini. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang terkenal nutrisinya. Ikan salmon juga kaya akan zat-zat yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon berguna untuk pertumbuhan otak dan mata janin. Selain itu, salmon kaya akan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi salmon dan seafood lainnya adalah kuantitas. Ya, Mam perlu memperhatikan jumlah seafood yang dikonsumsi. Ini untuk menghindari menumpuknya merkuri dan zat kontaminan lain yang mungkin terkandung dalam seafood.

Kale

Serat merupakan salah satu kebutuhan utama ibu hamil. Serat dapat ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Jenis sayuran yang baik untuk ibu hamil adalah sayuran dengan warna hijau atau warna gelap, contohnya Kale. Kale mengandung serat, vitamin A, vitamin C, vitamin K, potassium, folat, dan zat besi.

Dengan kandungan serat yang tinggi, kale dapat membantu Mam mengatasi konstipasi yang sering muncul pada masa kehamilan. Selain itu, mengonsumsi sayuran dan serat diyakini dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan berat di bawah normal.

Selamat mencoba Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :