Mam, Ingin Punya Anak Kembar? Yuk, Simak Tipsnya!

Pasangan yang memiliki anak kembar kini semakin banyak. Tak jarang hanya dengan melihat keceriaan dan ‘kerusuhan’ keluarga yang memiliki anak kembar malah buat pasangan lain mendambakan anak kembar pula. Apakah Mam juga termasuk yang mendambakan anak kembar? Siapkan diri Mam dan Ayah, lalu simak tips-tips di bawah ini.

Perhatikan riwayat anak kembar dalam keluarga

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperhatikan di riwayat pohon keluarga, adakah anggota keluarga yang pernah memiliki anak kembar dan adakah anggota keluarga yang merupakan anak kembar (kembar identic maupun fraternal). Dengan melihat riwayat ini, kita dapat memperkirakan seberapa peluang memiliki anak kembar. Jika istri merupakan anak kembar, hal ini membuat peluang memiliki anak kembar semakin besar. Peluang masih ada, jika dalam susunan keluarga terdapat anggota keluarga yang kembar atau pernah memiliki anak kembar.

Hamil ketika di usia 35 tahun ke atas

Perempuan yang berumur di atas 30 tahun, terutama 35-40 tahun, memiliki peluang untuk memiliki anak kembar. Dan ibu yang sudah memiliki anak dan berusia 35-40 tahun memiliki peluang yang lebih baik lagi.

Hamil ketika menyusui

Dalam sebuah studi yang dipublikasi oleh Journal of Reproductive Medicine pada 2006, menemukan bahwa perempuan yang sedang masa menyusui dan hamil memiliki lebih berpeluang memiliki anak kembar. Sayangnya belum ada studi terbaru yang mendukung. Tetapi baik untuk dicoba, kan?

Pastikan istri pada berat badan ideal

Lebih baik untuk mengecek dulu apakah istri sedang berada di berat badan ideal atau tidak, karena perempuan dengan berat badan yang tergolong kurus akan memperkecil peluang memiliki anak kembar.

Konsumsi asam folat, susu dan produk olahannya serta ubi

Beberapa makanan dan minuman dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar. Makanan yang mengandung asam folat seperti ikan laut, sayuran hijau dan brokoli dapat meningkatkan peluang. Produk susu serta olahannya yang mengandung berbagai nutrient yang baik untuk kesuburan juga dapat meningkatkan peluang memiliki anak kembar hingga lima kali. Menurut beberapa sumber, menyatakan bahwa dengan mengonsumsi ubi dapat merangsang ovum agar lebih cepat matang dan berbuah.

Ikuti treatment kesuburan

Sebuah studi oleh American Society for Reproductive Medicine melaporkan bahwa perempuan yang mendapat treatment kesuburan berpeluang lebih besar memiliki anak kembar, sekiranya satu dari tiap tiga kelahiran berpeluang demikian. Treatment kesuburan ini termasuk mengonsumsi suplemen yang mengandung asam folat.

Konsumsi santapan laut

Ini tips untuk sang suami. Kandungan zinc atau seng yang banyak terdapat dalam santapan laut, contohnya tiram, akan merangsang produksi sperma yang lebih banyak dans sehat. Ini akan mempercepat perjalanan sperma untuk membuahi sel telur dan berpeluang membuahi dua sel telur.

Ikut program bayi tabung

In vitro fertilization atau program bayi tabung bisa jadi salah satu alternative yang berpeluang agar memiliki anak kembar. Karna dalam prosesnya, lebih dari satu sel telur bisa dibuahi oleh sperma yang berbeda, lalu akan menghasilkan lebih dari satu embrio. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biayanya.

Itulah Mam beberapa tips yang bisa diterapkan, agar memperbesar peluang memiliki anak kembar. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :