Mam Masih Bingung Melahirkan Dibantu Dokter Kandungan atau Bidan? Yuk, Ikuti Tips Berikut!

Saat hamil, pilihan melahirkan dengan dibantu bidan atau dokter kandungan seringkali membingungkan. Keduanya sama-sama ahli dan bisa membantu Mam melahirkan si Kecil. Baik dokter kandungan atau bidan semua sama baiknya tergantung Mam ingin melahirkan dimana dan pengalaman seperti apa yang Mam inginkan. Masih bingung melahirkan dibantu dokter kandungan atau bidan? Yuk, ikuti tips berikut!

Perhatikan cara kerja

Bidan ataupun dokter kandungan punya kompetensi yang sama. Namun, cara kerja yang mereka miliki masing-masing berbeda. Secara umum bidan menganggap kehamilan dan kelahiran adalah hal yang alami sehingga sebisa mungkin tidak banyak membutuhkan intervensi medis. ‘Lihat dan tunggu’ merupakan cara kerja bidan. Sedangkan dokter menganggap kehamilan dan kelahiran sebagai gejala medis sehingga berbagai intervensi medis seperti operasi caesar ataupun pemberian pitocin untuk mempercepat kelahiran yang tidak boleh dilakukan oleh bidan

Pilihan lokasi melahirkan

Sebagian ibu hamil menganggap melahirkan di rumah sakit akan membuatnya kehilangan privasi. Kalau Mam berencana melahirkan secara normal yang nyaman di rumah ataupun klinik bersalin yang santai serta tidak terlalu ramai dengan hiruk pikuk pasien serta aktivitas rumah sakit, melahirkan di bidan bisa dijadikan pilihan. Karena dokter kandungan sulit dipanggil ke rumah dan biasanya intervensi medis sulit dilakukan.

Bila Mam ingin melahirkan dibantu dokter kandungan, Mam harus melahirkan di rumah sakit tempat dokter tersebut bekerja atau klinik. Di rumah sakit fasilitas yang dimiliki lebih lengkap terutama bila terjadi masalah saat proses persalinan.

Kenyamanan berkonsultasi

Melahirkan dengan dibantu bidan atau dokter kandungan, keduanya sama-sama mengenyam ilmu tentang penanganan kelahiran dengan intensif. Kalau Mam masih bingung memutuskan tidak ada salahnya berkonsultasi dengan keduanya sebelum melahirkan. Selama memeriksakan diri, Mam akan bisa merasakan dan menilai sendiri lebih nyaman melahirkan dengan dokter kandungan atau bidan. Bila kehamilan Mam normal, tidak ada komplikasi apapun dan tidak berisiko melahirkan dibantu bidan bisa jadi pilihan yang tepat.

Perhatikan kondisi kehamilan

Kondisi fisik merupakan hal yang penting untuk Mam pertimbangkan. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, bila fisik Mam sehat dan berada dalam kondisi kehamilan yang normal bidan saja sudah cukup. Namun bila memiliki kondisi kesehatan yang tidak normal seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung dan komplikasi serius lainnya maka Mam membutuhkan spesialis Maternal-Fetal Medicine (MFM).

Atau ahli yang punya spesialisasi dalam menangani kehamilan berisiko tinggi. Bila kehamilan berisiko atau proses kelahiran berpotensi timbul masalah, melahirkan di rumah sakit adalah pilihan yang aman.

Sesuai kebutuhan

Bila Mam ingin melahirkan secara normal, kinerja bidan terbukti mengurangi potensi operasi caesar dan intervensi medis lainnya. Seperti penggunaan vakum ataupun gunting tang. Intervensi medis tidak akan digunakan kecuali ada kebutuhan medis. Sementara dokter kandungan lebih berpotensi melakukan intervensi karena cara kerja dokter menggunakan medis untuk mengendalikan kelahiran. Semakin banyak mencari informasi maka Mam akan makin menemukan mana yang lebih cocok saat melahirkan.

Masih bingung melahirkan dibantu dokter kandungan atau bidan? Keputusan sepenuhnya ada di tangan Mam. Pastikan Mam sudah memikirkan dengan baik ingin melahirkan dibantu bidan atau dokter kandungan. Dengarkan kata hati dan sesuaikan juga dengan kebutuhan. Bila selama kehamilan sehat dan tidak memerlukan penanganan khusus, bidan sudah cukup memenuhi kebutuhan.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :