Mam sedang Hamil? Lakukan Cara Ini Agar Gigi dan Mulut Tetap Sehat!

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tentu sangat penting, terutama dalam masa kehamilan. Saat sedang hamil, mam mungkin saja mengalami pembengkakan, sakit, dan perdarahan gusi yang disebabkan oleh menumpuknya plak pada gigi. Gusi lebih rentan terhadap palk selama masa kehamilan karena terjadinya perubahan hormone yang menyebabkan peradangan dan perdarahan. Kondisi yang sering disebut sebagai penyakit gusi kehamilan ini membuat mam harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Bersihkan gigi 2 kali sehari

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting bagi mam selama masa kehamilan karena kebanyakan masalah gigi dan mulut berkaitan dengan syarat. Bila kesehatan gigi dan mulut tak dijaga, pada kasus yang berat tindakan medis akan sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, cara pertama yang harus mam lakukan adalah rutin membersihkan gigi 2 kali sehari selama 2 menit. Gosoklah gigi menggunakan sikat gigi berkepala kecil dengan filamen yang lembut dan nyaman dipegang agar dapat membersihkan gigi dan mulut secara maksimal.

Hindari minuman bergula

Syaraf pada gigi berhubungan dengan perkembangan janin. Jadi, apabila mam mengalami masalah gigi dan mulut, kondisi tersebut tentu dapat menganggu pertumbuhannya. Nah, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mam juga sebaiknya menghindari konsumsi minuman bergula seperti minuman soda atau teh manis, termasuk makanan bergula dalam jumlah banyak. Meskipun ingin mengonsumsi minuman atau makanan bergula, pastikan mam mengonsumsinya sesekali saja.

Gunakan obat kumur

Untuk membersihkan kotoran atau sisa makanan yang terselip di gigi, mam bisa menggunakan obat kumur. Jangan asal memilih obat kumur, mam harus menghindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Mam juga bisa membersihkan gigi menggunakan dental floss disamping penggunaan obat kumur. Untuk mengurangi plak pada gigi, mengunyak permen karet yang mengandung xylitol juga bisa mam pertimbangkan.

Berkumurlah dengan air putih saat sedang morning sickness dan muntah

Morning sickness dan muntah adalah kondisi yang wajar dialami oleh mam yang tengah hamil. Bila hal tersebut terjadi, biasakan untuk selalu berkumur dengan air putih. Berkumur menggunakan air putih ketika mengalami morning sickness dan muntah dapat membantu mencegah asam dalam muntahan menyerang gigi. Sebaiknya mam jangan langsun menggosok gigi setelah muntah, karena gigi akan dilunakkan oleh asam dalam perut. Tunggulah sekitar 1 jam, baru kemudian menggosok gigi.

Berkonsultasi dengan dokter gigi

Bila mam merasakan gejala sakit gigi atau radang gusi yang tak kunjung sembuh, jangan ragu untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Ingatlah bahwa semakin cepat ditangi, maka mam dapat lebih cepat untuk menghambat perkembangan bakteri di mulut selama masa kehamilan. Untuk menjaga kesehatan mulut, mam juga sebaiknya tidak merokok karena merokok dapat memperparah penyakit gusi. Biasakan pula untuk mengonsumsi sayuran ketika lapar dan jangan terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

Itulah informasi beberapa cara yang bisa mam lakukan untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat. Semoga bermanfaat!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :