Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Selama ini, minyak zaitun mungkin lebih dikenal sebagai salah satu bahan masakan atau alternatif pengganti minyak goreng biasa. Namun, siapa sangka bahwa ternyata minyak zaitun bisa memberi sejumlah manfaat khusus untuk para ibu hamil seperti Mam? Daripada penasaran, yuk cari tahu beberapa manfaatnya berikut ini!

Meringankan kram pada kaki

Seiring meningkatnya usia kehamilan, berat badan pasti akan ikut bertambah. Ketika hal ini terjadi, maka pembuluh darah kemungkinan besar akan tertekan. Secara otomatis, bobot yang harus ditopang oleh kaki juga bertambah. Alhasil, kaki Mam pun akan terasa kram. Jika terus menerus dibiarkan, tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Mam, bukan?

Nah, untuk mengatasinya, Mam bisa menggunakan minyak zaitun. Caranya mudah, kok. Cukup campur enam sendok teh minyak zaitun dengan lima belas tetes minyak esensial (misalnya lavender atau mawar). Setelah dicampur hingga rata, Mam bisa langsung mengoleskannya pada kaki yang terasa kram.

Membantu mengatasi kulit kering

Perubahan hormon yang terjadi selama hamil menyebabkan terjadinya beberapa perubahan pula pada fisik Mam. Salah satunya adalah kondisi kulit yang jadi lebih kering. Mungkin tidak sebuah ibu hamil mengalami hal ini. Namun, apabila Mam termasuk yang mengalaminya, jangan khawatir karena Mam bisa mengatasinya dengan menggunakan produk pelembap yang mengandung minyak zaitun sebagai kandungan dasarnya.

Meski begitu, sebaiknya sebelum itu Mam juga berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandungan untuk memastikan bahwa produk pelembap tersebut memang aman digunakan saat hamil.

Menyamarkan stretch mark

Coba Mam periksa area perut, paha, lengan atas, atau bokong. Apakah ada semacam guratan atau garis kerutan berwarna kemerahan di sana? Garis-garis ini disebut juga dengan stretch mark, Mam. Stretch mark muncul sebagai bentuk adaptasi kulit yang merenggang akibat bertambahnya berat badan saat hamil. Meski mungkin stretch mark muncul di bagian-bagian yang tidak terlalu terlihat, tetap saja kondisi ini bisa mengganggu penampilan dan mengganggu percaya diri.

Kabar baiknya, Mam bisa menyamarkannya dengan mengoleskan minyak zaitun pada area-area munculnya stretch mark. Kandungan vitamin E dalam minyak zaitunlah yang akan membantu menyamarkan stretch mark tersebut.

Meredakan rasa gatal pada perut

Selain kaki keram, kulit kering, dan munculnya stretch mark, hal lain yang juga biasa terjadi saat masa hamil adalah gatal pada perut, terutama jika Mam sudah semakin mendekati lahiran.

Ada anggapan yang muncul bahwa kondisi ini bisa terjadi karena bayi dalam kandungan semakin aktif bergerak saat hari kelahirannya semakin dekat. Nah, gerakan si kecil inilah yang membuat perut Mam jadi terasa gatal. Untuk mengatasinya, Mam bisa mencoba oleskan minyak zaitun di bagian perut yang terasa gatal tersebut ya, Mam.

 

Sekarang Mam sudah tahu, kan, apa saja manfaat yang bisa Mam dapatkan dari penggunaan minyak zaitun saat hamil? Selamat mencoba dan semoga kesehatan Mam serta si kecil dalam kandungan selalu terjaga hingga kelahiran nanti.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :