Mengatasi Hilangnya Selera Makan Selama Kehamilan

Selama masa kehamilan, mungkin Mam akan sangat merasa kurang enak badan. Wajar bila morning sickness melanda seorang ibu hamil. Bahkan, sindrom yang dialami karena perubahan hormon ini mampu membuat selera makan menghilang. Rasa mual dan pusing akan mencegah Mam untuk banyak makan.

Hal ini sangat berbahaya, mengingat ibu hamil butuh asupan nutrisi yang cukup baik demi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil. Akibatnya, janin jadi rawan masalah. Namun jangan panik, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Mam lakukan untuk mengembalikan selera makan yang hilang selama kehamilan.

Banyak Minum

Pastikan bahwa Mam mengonsumsi cukup cairan selama hamil. Hal ini bahkan lebih penting daripada mengatur kalori selama kehamilan. Meski demikian, jangan terlalu banyak minum juga karena akan menyebabkan edema. Porsi normalnya, air yang dibutuhkan oleh Mam adalah 8 gelas sehari. Mam juga dapat mengganti air putih dengan cairan lain seperti air lemon atau teh jahe bila Mam merasa mual.

Jangan Terlalu Banyak Makan

Hindari terlalu banyak makan. Banyak ibu hamil yang makan sebanyak-banyaknya ketika sarapan, makan siang, atau makan malam. Hal ini justru akan membuat perut semakin mual karena kekenyangan. Selain itu, glukosa yang dicerna juga lebih banyak sehingga membuat janin tumbuh terlalu besar.

Ada baiknya apabila Mam mengurangi porsi makan, namun sering. Mungkin tubuh Mam akan merasa cepat lapar, setidaknya dua jam sehari. Enam porsi kecil sehari lebih baik daripada memaksa diri untuk makan dalam porsi besar.

Konsumsi Makanan yang Ringan

Di awal kehamilan, mungkin selera makan Mam akan berkurang. Konsumsilah protein dan karbohidrat kompleks sebanyak yang Mam mampu. Hal ini akan menjaga kadar gula tetap stabil serta merasa kenyang. Buah-buahan seperti pisang akan lebih mudah dicerna oleh perut. Dua sendok penuh yogurt juga akan menambah kebutuhan kalsium dan protein. Lengkapi asupan nutrisi tersebut dengan biskuit gandum utuh.

Hindari Makanan dengan Aroma Kuat

Salah satu penyebab hilangnya selera makan adalah kemampuan mencium bau pada ibu hamil yang meningkat. Bau masakan saja dapat membuat kenyang ibu hamil. Hal ini membuat ibu hamil merasa mual dan malas makan. Oleh karena itu, hindari mendekati makanan yang beraroma kuat.

Makanan-makanan berselera pedas serta penuh lemak biasanya juga memiliki aroma yang kuat. Akan sangat bagus apabila Mam menghindari makanan-makanan tersebut sebelum waktu makan tiba agar rasa mual dan pusing tidak mendera.

Makanlah Makanan Kesukaan

Variasi rasa pada setiap makanan yang Mam konsumsi juga berpengaruh terhadap selera makan. Saat ini mungkin Mam tidak menyukai brokoli, namun sangat suka wortel. Keduanya memiliki nutrisi yang hampir sama, yakni vitamin A. Maka dari itu, konsumsilah wortel sebanyak mungkin.

Idenya adalah mengganti makanan-makanan yang saat ini tidak Mam sukai dengan makanan yang mengandung nutrisi serupa. Bila susu sapi terasa eneg, bisa diganti dengan susu kedelai. Atau mungkin merasa mual makan nasi, bisa saja menggantinya dengan nasi jagung atau nasi merah.

Ubah Temperatur Makanan

Banyak wanita hamil yang suka bila makanan dan minuman yang mereka konsumsi disajikan dalam kondisi dingin. Tentu, ada juga yang lebih suka dalam kondisi hangat. Maka dari itu, cari tahu apa yang cocok dengan lidah Mam. Bila sudah ada yang sesuai, pertahankan.

Minumlah Vitamin

Mengonsumsi vitamin harus jadi kebiasaan baru bagi Mam selama masa kehamilan. Suplemen makanan atau vitamin yang diberikan khusus ibu hamil biasanya melengkapi nutrisi-nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Beberapa vitamin bahkan mampu mengurangi rasa mual selama hamil. Maka dari itu, jangan pernah terlambat minum vitamin.

Bantuan Medis Apabila Diperlukan

Sudah banyak cara yang dilakukan, namun rasa mual masih tetap Mam rasakan bahkan bertambah parah. Bila hal ini terjadi, ada baiknya Mam untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar ada tindakan medis.

 

Itulah beberapa tips yang tepat untuk menangani rasa mual pada masa kehamilan. Jangan biarkan rasa mual menghindarkan Mam untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan dalam perkembangan dan pertumbuhan janin. Jaga selalu kondisi janin ya, Mam.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :