Mengenal Metode Melahirkan Gentle Birth

Setiap wanita ingin melahirkan bayinya secara normal. Walaupun proses tersebut membuatnya merasa kesakitan, bukan menjadi masalah. Tantangan seperti ini yang membuat seorang wanita bangga menjadi seorang ibu. Namun, bagi beberapa Mam hal itu justru menimbulkan trauma tertentu sehingga takut untuk hamil lagi. Saat ini, muncul metode persalinan baru yang disebut gentle birth. Dengan metode persalinan ini, Mam tidak perlu berteriak kesakitan karena metode ini dipercaya dapat meminimalisir rasa sakit.

Pengertian Metode Gentle Birth

Metode gentle birth adalah metode persalinan yang tenang dengan memanfaatkan seluruh unsur alami. Dalam metode ini, Mam akan melahirkan dalam kondisi rileks sehingga rasa sakit yang akan Mam alami dapat diminimalisir. Jadi, dibanding metode melahirkan pada umumnya, gentle birth tidak akan membuat Mam berteriak kesakitan.

Persiapan

Agar metode ini sukses, maka persiapan harus dilakukan mulai masa kehamilan. Mam harus rajin melatih otot-otot di sekitar vagina rileks. Bisa dilakukan dengan gerakan senam tertentu. Selain itu, Mam juga perlu melakukan latihan pernapasan dan mengontrol asupan makanan. Kunci terpenting dari metode gentle birth ini adalah ketenangan mental Mam. Latih mental Mam dengan membiasakan diri untuk berpikir positif. Metode gentle birth akan lebih sulit dilakukan jika Mam mengalami depresi.

Macam-Macam Gentle Birth

Metode gentle birth ada tiga, yaitu water birth, silence birth, dan hypno birthing. Water birth merupakan metode persalinan yang dilakukan di dalam air. Air dipercaya mampu mengurangi rasa sakit ketika melahirkan. Pada metode gentle birth, Mam diharuskan untuk masuk ke dalam kolam yang berisi air hangat setelah bukaan ke-enam. Setelah masuk ke air, ambil posisi yang nyaman lalu tenangkan pikiran untuk mempermudah proses persalinan. Air hangat dapat mengurangi ketegangan otot-otot yang berperan dalam proses persalinan sehingga metode ini sangat menguntungkan untuk Mam.

Metode gentle birth selanjutnya adalah hypno birthing. Metode ini mengandalkan teknik hipnotis yang akan membuat pikiran Mam rileks dan tenang. Hal ini dilakukan dengan meditasi yang bertujuan menstimulasi hormon endorfin. Hormon endorfin akan menghilangkan rasa takut dan cemas yang mungkin Mam rasakan saat proses persalinan. Pikiran yang rileks akan mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Silence Birth

Seperti namanya, metode ini dilakukan dengan menciptakan lingkungan yang sunyi dan tenang. Lingkungan yang tenang dan damai diharapkan dapat memicu alam bawah sadar Mam untuk rileks. Jadi, ada metode ini, Mam tidak akan mendengar teriakan keras tapi hanya tarikan dan hembusan napas panjang setelah melahirkan.

Di Indonesia, metode gentle birth sudah mulai digunakan, terutama water birth. Namun sebenarnya, metode ini masih belum sepenuhnya diterima secara kedokteran. Gentle birth yang tidak dilakukan dengan tepat dapat menimbulkan komplikasi persalinan. Jika Mam ingin memilih metode gentle birth untuk persalinan, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Mam dan minta pengawasan bidan atau dokter ketika melakukannya.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :