5 Tips Melahirkan Dengan Aman dan Menyenangkan

Saat ini Anda tengah menanti kelahirkan si Kecil, Mam? Saat inilah Anda berdebar-debar dengan membayangkan seperti apa proses persalinan yang akan Anda hadapi nanti. Rasa cemas dapat Anda minimalkan dengan mempersiapkan proses persalinan dengan maksimal agar kelak kelahiran sang Buah Hati dapat berjalan dengan lancar dan sehat. Anda dapat mempersiapkannya dengan membuat pilihan informasi yang memadai. Dengan begitu, pengalaman melahirkan yang menyenangkan dan aman akan menjadi langkah awal untuk membantu Anda menuju sebuah permulaan yang baik dengan si Kecil. Nah, seperti apa sajakah kiat melahirkan dengan aman dan menyenangkan? Berikut ini penjelasannya ya, Mam.

  1. Pilihlah tenaga kesehatan yang tepat
    Pilihlah tenaga kesehatan yang dapat membantu proses persalinan Anda nanti, seperti dokter kandungan atau bidan. Pastikan orang tersebut memiliki cukup pengalaman dan cakap untuk mengatasi komplikasi yang tidak diharapkan dalam proses persalinan.
  1. Pilihlah lingkungan yang tepat
    Pilihlah ruang persalinan yang baik, yaitu ruang yang memiliki fasilitas untuk menjalani masa menjelang persalinan, saat persalinan, dan pemulihan dengan kondisi kondusif dan menenangkan. Suasana tersebut dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit, membantu perkembangan masa menjelang persalinan, dan meningkatkan kesempatan Anda untuk melahirkan dengan proses yang tidak rumit.
  1. Bergeraklah
    Bergeraklah sesuai keinginan badan Anda. Berkelilinglah menjelajahi ruang bersalin, peluklah suami dan keluarga, berjalan-jalanlah di sekitar koridor rumah bersalin, dll. Gerakan ini dapat menghilangkan rasa cemas dan membantu Anda menghadapi proses jelang persalinan nanti.
  1. Lakukan percobaan untuk mencari posisi menjelang persalinan yang nyaman
    Selama proses-menjelang-persalinan sebaiknya Anda mencoba beberapa posisi yang nyaman untuk melahirkan. Anda bisa mencoba berada dalam dekapan suami, duduk di kasur, jongkok, bersandar di sisi tempat tidur, atau berbaring di sisi tempat tidur. Anda memerlukan posisi yang membuat gaya gravitasi membantu bayi Anda turun dan mengistirahatkan otot yang tegang. Namun, bersiaplah mengubah posisi Anda tersebut jika dokter atau bidan meminta Anda melakukan posisi yang berbeda.
  1. Atur rencana persalinan
    Anda perlu menuliskan rencana persalinan yang ingin Anda jalani. Konsultasikan rencana tersebut dengan dokter atau bidan Anda untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Namun, Anda juga perlu bersikap fleksibel jika rencana persalinan tidak berjalan seperti yang Anda tulis. Percayakan persalinan Anda kepada dokter atau bidan demi kesehatan Anda dan bayi.

Anda patut merasa bahagia dengan kelahiran si Kecil nanti. Karena itu, jangan rusak kebahagiaan tersebut dengan menjalani proses persalinan yang tidak nyaman dan menyakitkan. Tentu hal tersebut akan membuat trauma yang menganggu psikis Anda. Kiat-kiat di atas dapat Anda coba untuk mewujudkan proses persalinan yang aman dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :