Olahraga Aman Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, bukan berarti berhenti melakukan olahraga karena mendengar larangan “jangan melakukan aktivitas yang berat”. Olahraga justru penting dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kondisi tubuh badan Mam dan janin di dalam kandungan. Banyak yang beranggapa bahwa olahraga adalah aktivitas fisik yang berat. Namun sebenarnya ada loh Mam olahraga yang aman untuk ibu hamil dan malah dianjurkan.

  1. Jalan kaki dan Naik Turun Tangga

Jalan kaki termasuk olahraga sederhana yang dapat Mam lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, berjalan kaki akan membuka peluang Mam untuk melahirkan secara normal semakin tinggi. Mam bisa melakukan aktivitas jalan kaki mengelilingi kompleks perumahan di pagi hari. Untuk durasi, Mam bisa melakukannya selama 30 menit dalam satu hari. Saat berjalan kaki, usahakan untuk selalu rileks dan dengan tempo yang santai.

  1. Berenang

Banyak manfaat yang bisa didapat Mam jika berenang selama proses kehamilan. Berenang dapat melatih otot tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini sebagai persiapan menghadapi persalinan nanti. Durasi renang yang dianjurkan adalah maksimal 30 menit dan dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Setelah berenang, Mam jangan lupa untuk minum air putih untuk menjaga cairan dalam tubuh.

  1. Senam jongkok

Gerakan senam jongkok ini sangat bermanfaat untuk persiapan persalinan normal. Senam jongkok sangat dianjurkan saat usia kehamilan sudah memasuki usia 7 hingga 8 bulan. Senam jongkok dapat melatih otot pinggang dan panggul agar lebih kuat saat mendorong bayi saat proses persalinan. Cara melakukan senam jongkok sangatlah mudah.

Mam bisa mengawalinya dengan berdiri tegak dengan kaki agak sedikit dibuka, kemudian turun perlahan hingga pada posisi jongkok. Usahakan punggung Mam tetap tegak saat posisi jongkok dan tahan posisi ini selama 30 detik. Setelah itu berdiri dan mengulang gerakan yang sama. Senam jongkok dapat dilakukan selama 20 menit tiap harinya.

  1. Yoga

Yoga adalah olahraga yang sering menjadi pilihan ibu hamil. Selain tidak melibatkan aktivitas fisik yang berat, yoga ternyata memiliki banyak manfaat sebagai persiapan menjelang persalinan. Mam bisa mengikuti kelas yoga agar mendapat bimbingan langsung oleh sang ahli. Beberapa manfaat yoga adalah dapat meningkatkan mood, mengurangi ketegangan pada otot-otot.

  1. Senam merangkak

Bagi Mam yang ingin melahirkan secara normal, gerakan senam merangkak dapat membantu mempersiapkan otot-otot tubuh bagian bawah. Senam merangkak dapat dilakukan di rumah saat Mam memiliki waktu luang.

Pertama Mam harus lakukan adalah mengambil posisi seperti akan merangkak, kepala dan punggung terangkat sejajar dan pandangan menghadap ke depan, setelah itu tekuk punggung ke arah dalam sambil menarik napas, lalu luruskan kembali punggung ke posisi semula sambi tetap menarik napas, dan ulangi gerakan ini. Usahakan melakukan senam merangkak setiap hari selama maksimal 30 menit menjelang proses kelahiran Si Kecil.

  1. Naik turun tangga

Olahraga naik turun tangga dipercaya dapat mempermudah proses persalinan normal. Olahraga ini sangat sederhana, Mam hanya perlu naik turun tangga dengan hati-hati dan harus tetap berpegangan. Naik turun tangga baik untuk dilakukan asal tidak berlebihan dan terlalu sering. Syarat untuk bisa melakukan olahraga ini adalah kandungan Mam dinyatakan baik-baik saja oleh dokter. Olahraga naik turun tangga sebaiknya dilakukan saat awal-awal proses kehamilan karena Mam masih memiliki keseimbangan tubuh yang baik. Saat memasuki bulan-bulan persalinan, perut Mam sudah membesar dan malah akan membahayakan diri sendiri.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :