Olahraga Yang Tepat Bagi Ibu Hamil

olahraga yang tepat bagi ibu hamil

Olahraga di saat hamil memiliki banyak manfaat.  Selain menunjang kesehatan tubuh, berolahraga selama kehamilan dapat membantu mengurangi pegal-pegal, sakit punggung, memperbaiki mood, membuat tidur nyenyak, mempertahankan berat badan ideal, serta melatih kekuatan otot dan pernapasan dalam menghadapi proses persalinan nanti.

Nah, bagi ibu hamil yang ingin berolahraga, namun tidak tahu jenis olahraga apa yang aman dan tepat, jangan khawatir.  Di bawah ini ada beberapa jenis olahrga yang memang disarankan untuk dilakukan oleh ibu hamil.

  1. Jalan kaki.
    Jalan kaki merupakan olahraga yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja. Usahakan untuk berjalan kaki selama10-30 menit setiap harinya di pagi hari atau sore hari untuk memperlancar peredaran darah.  Carilah jalan yang mendatar dan hindari jalan yang menanjak, terjal, dan licin agar tenaga Anda tidak terforsir dan tidak membahayakan Anda selama berjalan kaki.
  1. Yoga.
    Ber-yoga dapat memberi rasa nyaman, tenang, relaks, serta melatih kelenturan otot dan pernapasan.  Hal ini sangat bermanfaat bagi ibu menjelang proses persalinan. Lakukan yoga setidaknya 2–3 kali seminggu selama 30-45 menit.
  1. Renang.
    Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk kinerja jantung dan melatih kekuatan otot kaki serta tangan.  Bahkan, ibu hamil yang mengalami pertambahan berat badan yang overweight, dapat mencoba olahraga renang ini untuk menurunkan berat badan yang berlebih.
  1. Sepeda statis.
    Aktivitas mengayuh sepeda dapat melancarkan peredaran darah Anda.  Melakukan sepeda statis aman untuk ibu hamil karena posisi ibu akan stabil.  Olahraga ini boleh dilakukan ketika kandungan Anda berusia 4 hingga 6 bulan.
  1. Senam hamil.
    Senam hamil biasanya dilakukan ketika ibu hamil sudah memasuki trimester akhir untuk mempersiapkan proses persalinan.  Pada olahraga ini, Anda akan diajarkan beberapa gerakan posisi melahirkan, melatih pernapasan, serta mengejan yang benar.  agar proses persalinan normal Anda nanti mudah dan lancar.  Dalam melakukan senam hamil sebaiknya diawasi dan dibantu oleh instruktur yang berpengalaman dan terpercaya.

Mam, dalam memilih jenis olahraga yang cocok dan tepat, terlebih dahulu Anda berkonsultasi dengan dokter agar disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kondisi kesehatan atau fisik Anda.  Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum memulai olahraga untuk mencegah terjadinya kram ataupun kejang.  Selain itu, kenakanlah pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk mempermudah Anda bergerak saat berolahraga. 

Related Posts

Comments :