8 Hal yang Perlu Diketahui Oleh Calon Ayah

Kehamilan dan kelahiran si Kecil merupakan dua momen yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri. Namun, sayangnya saat menyambut dan menjalani momen tersebut tidak sedikit calon Ayah yang benar-benar memahami beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Akibatnya, selama proses kehamilan hingga saat hari kelahiran tiba banyak hal yang terlewatkan sehingga terkesan mendadak. Padahal ada banyak hal yang bisa dilakukan dan dipersiapkan oleh si calon Ayah. Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh calon Ayah selama proses kehamilan hingga persalinan sang istri. Silakan disimak ya, Ayah.

  1. Kehamilan muda (trimester pertama) biasanya Ibu hamil akan mengalami morning sickness yaitu gejala mual dan muntah sehingga Ibu hamil diharuskan banyak istirahat. Ayah dapat meringankan pekerjaan Ibu dengan mengambil alih pekerjaan domestik, membuatkan susu, menyiapkan sarapan, dan lainnya.
  2. Pada trimester pertama, Ibu hamil juga akan mengalami ketidakstabilan emosi. Ayah dapat memberikan hiburan dan dukungan agar Ibu hamil merasa tenang. Ayah dapat menemani kontrol ke dokter, mengajak jalan-jalan mencari buku seputar kehamilan, mendengarkan keluhan dan membantunya mencarikan solusinya.
  3. Pada trimester ketiga, Ibu hamil akan merasakan ketidaknyamanan pada tubuhnya seiring bertambah besarnya perut. Ibu hamil akan sulit berjalan dan sulit tidur. Ayah dapat membantu dengan memijit lembut kaki dan punggung Ibu.
  4. Selama kehamilan, istri rentan mengalami gangguan kesehatan akibat sistem kekebalan tubuh yang kerap turun. Untuk itu, bantu istri dalam menjaga kesehatan tubuhnya dan janin, seperti menyiapkan makanan bernutrisi, menjaga kebersihan lingkungan (misal bebas rokok, bebas nyamuk), mengajak berolahraga ringan, mendukung istri mengikuti kelas senam hamil, dan lainnya.
  5. Kemungkinan kehamilan berisiko dapat saja dialami. Apabila istri dipastikan mengalami kehamilan berisiko seperti diabetes, hipertensi, pre-eklampsia, dan lainnya, sebaiknya Ayah juga memahami program pengobatan agar dapat membimbing istri secara maksimal.
  6. Saat jelang persalinan, Ayah persiapkan semua kebutuhan Ibu dan bayi, misal memilih rumah sakit yang bagus dan dokter yang profesional, menyiapkan baju Ibu dan bayi yang dibawa ke rumah sakit, menyiapkan biaya persalinan, dan lainnya.
  7. Buat rencana atau skenario saat masa persalinan tiba, misal menyiapkan kendaraan untuk mengantar istri ke rumah sakit, nomor telepon pihak-pihak yang harus dihubungi seperti rumah sakit, dokter, orang tua, keluarga, dan lainnya. Buat rencana alternatif jika rencana awal tidak dapat dilakukan.
  8. Saat proses persalinan, dampingi istri di ruang bersalin. Berikan pijitan lembut pada punggung dan pundak saat kontraksi. Beri semangat dan bantu istri agar tetap tenang dalam proses mengejan.

Calon Ayah sangat memegang peranan penting dalam kelancaran proses kehamilan sampai ke persalinan Ibu. Karena itu, sangat baik bagi Ayah untuk selalu berada di sampingnya. Jadilah suami sekaligus Ayah yang hebat dengan melakukan tips di atas ya. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :