Pentingnya Peran Ayah Bagi Ibu Menyusui

Menyusui memang hanya bisa dilakukan oleh kaum ibu, namun tidak berarti kaum ayah tidak dapat membantu keberhasilan proses menyusui bagi si Kecil. Karena itu, peran ayah juga harus ikut dilibatkan dalam pemberian ASI ini karena akan mendekatkan hubungan emosi antara ayah dan anak. Nah, apa saja peran ayah dalam mendukung proses menyusui? Simak ulasan di bawah ini ya, Mam.

  1. Menyenangkan hati istri
    Hormon oksitosin adalah salah satu hormon yang berpengaruh pada produksi ASI. Perasaan gembira, bahagia, tenang akan meningkatkan produksi hormon oksitosin dan secara otomatis akan memperlancar produksi ASI. Karena itu, usahakan untuk selalu menyenangkan hati istri agar produksi ASI untuk si Kecil selalu lancar. Jaga selalu agar perasaan dan pikiran ibu tidak sedih dan stres yang mengancam berkurangnya produksi ASI.
  1. Memotivasi atau memberikan semangat
    Motivasi atau semangat dari suami selalu diharapkan oleh ibu menyusui. Sang Ayah bisa memotivasi ibu dengan memberikan kata-kata penuh pujian atau semangat.
  1. Sediakan fasilitas
    Ibu menyusui memerlukan beberapa bahan pendukung, seperti makanan bernutrisi, suplemen, pompa ASI, botol ASI, cooler bag, ice gel, dll. Ayah bisa membantu menyediakan semua kebutuhan ibu menyusui tersebut.
  1. Siap mengantar
    Ibu menyusui tidak jarang mengalami kesulitan menyusui atau payudara sakit saat menyusui. Karena itu, Ayah dapat mengantar ibu untuk berkonsultasi dengan konselor ASI atau memeriksakan kesehatan ke dokter.
  1. Membantu merawat si Kecil
    Ibu menyusui disarankan untuk tidak terlalu kelelahan karena akan menghambat produksi ASI. Ayah dapat meringankan tugas ibu dengan membantu mengasuh si Kecil, seperti memandikan, menggendong, mengganti popok, menyendawakan, memberi minum ASI dengan botol, dll.
  1. Memijat
    Tubuh ibu yang lelah dan pegal dapat sedikit diringankan dengan pijatan lembut dari suami. Nah, Ayah bisa meluangkan waktu untuk memijat ibu sebagai bukti rasa sayang dan perhatian kepada ibu.
  1. Mengambil alih pekerjaan rumah tangga
    Pekerjaan domestik, seperti memasak, menyapu, mencuci, mengepel, dll cukup membuat tubuh ibu terasa lelah. Nah, Ayah bisa meringankan tugas ibu tersebut dengan mengambil alih sebagian pekerjaan rumah tangga tersebut.
  1. Mengondisikan kenyamanan
    Proses menyusui membutuhkan kondisi yang nyaman. Dalam hal ini, Ayah dapat membantu mewujudkan kondisi tersebut dengan membantu memosisikan si Kecil dengan benar saat disusui, memasangkan bantal pada punggung ibu, menyediakan minum dan camilan, menyetelkan musik, dll.

Nah, cukup mudah kan menjadi ayah pro ASI. Beberapa peran Ayah di atas dijamin dapat membantu memperlancar produksi ASI dan mempermudah pemberian ASI bagi si Kecil. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :