Peran Ayah Untuk Mendukung Mam yang Mau Melahirkan

Jika Mam melihat iklan di televisi, pasti mengetahui tentang iklan Ayah SIAGA atau Siap Antar jaga. Tentu sebagai Ayah yang baik, ayah harus siap sedia apalagi ketika Mam sedang mengandung. Sekarang kami akan membahas bagaimana sebenarnya peran Ayah untuk mendukung Mam yang mau melahirkan.

Menyiapkan Tempat Bersalin

Cara pertama yang bisa Ayah lakukan adalah menyiapkan tempat bersalin. Untuk tempat bersalin biasanya bisa dipilih dengan cara diskusi dengan keluarga. Sebaiknya Ayah dan Mam memilih tempat bersalin yang dekat dengan rumah. Pertama karena kadang-kadang persalinan bisa datang secara mendadak, jadi ketika memilh tempat bersalin yang dekat dengan rumah perjalanan tidak terlalu lama.

Ketahui tentang tanda-tanda istri akan melahirkan

Hal yang penting juga adalah, Ayah harus mengetahui tanda-tanda istri yang akan melahirkan. Kadang-kadang, Mam bisa sampai sangat kesakitan hingga tidak bisa berkata-kata, jadi Ayah harus paham tentang tanda-tandan istri mau melahirkan tersebut. Misalkan, nyeri di bagian pangkal paha ataupun nyeri di sekitar perut. Lalu tanda-tanda yang cukup penting lainnya adalah keluarnya lendir dan darah disertai kontraksi dan pecahnya air ketuban.

Berikan kasih sayang dan perhatian

Ini adalah hal sederhana yang bisa Ayah berikan kepada Mam, yaitu kasih sayang dan perhatian. Sebagai suami dapat memberikan perhatian yang lebih ketika usia kehamilan 6 bulan ke atas. Ayah bisa melakukan hal-hal seperti mengelus perut dan mengeluarkan kata-kata sayang kepada jabang bayi. Apalagi ketika proses persalinan, memberikan kasih sayang akan membuat motivasi Mam lebih tinggi.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :