Apa Saja Tema Diskusi yang Bisa Dibicarakan Mam dan Ayah Sebelum Melahirkan?

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut si kecil yang akan segera hadir di kehidupan Mam dan Ayah. Sebaiknya, Mam juga mendiskusikan beberapa hal ini bersama Ayah agar masa depan bersama sang anak lebih mapan secara materi maupun rohani.

Cara Membesarkan

Cara membesarkan si kecil harus menjadi topik yang utama bagi Mam dan Ayah. Pasalnya, sebagai orang tua, Mam dan Ayah sebaiknya memiliki visi dan misi yang sama.

Meski terkadang cara pendisiplinannya berbeda, namun bila memiliki gol yang sama, Mam dan Ayah akan lebih mudah bertoleransi satu sama lain ke depannya.

Pasalnya, tak jarang orang tua mengalami cek cok tentang apa yang mereka inginkan untuk si kecil dan bisa berujung pada pertengkaran yang berkepanjangan. Satukan visi dan misi Mam dari awal agar hal tersebut tidak terjadi.

Kondisi Finansial

Setelah memiliki anak, tentu pengeluaran akan bertambah. Mam dan Ayah harus benar-benar paham apa saja yang dibutuhkan oleh si kecil sehingga tidak terjadi hutang (bila pun terpaksa, tidak berlebih).

Jika tak bisa menambah penghasilan, ada baiknya untuk mengurangi pengeluaran pribadi dari Mam dan Ayah. Seperti bila biasanya Mam dan Ayah kerap meluangkan waktu untuk jalan-jalan saat akhir minggu, mungkin hal ini bisa dikurangi menjadi sekali sebulan.

Apakah Mam Diperbolehkan untuk Bekerja

Bila Mam termasuk wanita yang ingin bekerja meski setelah memiliki anak, sebaiknya diskusikan hal ini saat hamil. Pasalnya, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa Mam harus terus di rumah untuk membesarkan si kecil.

Perlu diberi pengertian juga bahwa bekerja bukan berarti meninggalkan anak. Tugas membesarkan si kecil tidak hanya ditumpahkan pada Mam, tetapi juga Ayah.

Prosedur Persalinan

Banyak yang berkata bahwa seorang Ayah sebaiknya menemani Mam ketika proses persalinan. Ada juga tipe orang yang kurang menyukai proses sesar karena dianggap tidak alami. Padahal hal tersebut tidak akan mengurangi apapun dari si kecil, bahkan bisa menyelamatkannya.

Oleh karena itu, diskusikan dengan baik tentang prosedur persalinan yang bisa terjadi. Pastikan Ayah bisa menyikapi semuanya dengan baik dan sebisa mungkin menemani Mam hingga persalinan selesai.

Jangan takut untuk berdiskusi soal hal-hal di atas ketika Mam hamil, karena semuanya butuh persiapan dan Mam tidak menjalani masa ini sendirian.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :