Bagaimana Cara Mengetahui Kelamin Bayi dari Foto USG?

USG atau ultrasonografi adalah pemeriksaan yang bisa membantu Mam dalam melihat kondisi janin. Mulai dari kesehatan, pertumbuhan hingga jenis kelaminnya.

Memang hasil USG bisa dibacakan oleh dokter, apalagi soal jenis kelamin. Namun bila Mam ingin membacanya sendiri, Mam bisa memperhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu sebelum menerka apa jenis kelaminnya:

Perhatikan Warna yang Ada

Hasil USG terdiri dari tiga warna yakni hitam, abu-abu dan putih. Begini artinya:

  • Warna hitam berarti cairan
  • Warna abu-abu berarti jaringan
  • Warna putih berarti tulang

Umumnya, warna abu-abu terdapat cukup banyak di hasil USG Mam dan ada warna hitam di dalam warna abu tersebut. Artinya, itu adalah cairan ketuban yang ada mengelilingi bayi Mam.

Yang ada di tengah di kelilingi oleh ketuban tersebutlah bayi Mam. Jadi, perhatikan letak tersebut untuk mengindikasikan di mana bayi Mam berada ya.

Posisi Gambar Juga Menentukan

Hasil USG tak hanya memperlihatkan satu posisi gambar saja, tetapi dua. Vertikal dan horizontal.

  • Gambar vertikal, kepala bayi berada di sebelah kiri
  • Gambar horizontal, kepala bayi berada di bagian atas gambar

Posisi ini dapat mengindikasikan apakah kepala bayi sudah di bawah dan siap untuk dilahirkan atau dalam posisi yang tak tepat (sungsang)

Bagaimana Mengetahui Jenis Kelaminnya?

Untuk bisa mengetahui jenis kelamin bayi, biasanya Mam harus menunggu pada kehamilan usia 18 hingga 22 minggu. Sebelum itu, umumnya jenis kelamin bayi tak bisa dibedakan.

Bayi laki-laki umum nya memiliki tanda seperti gambar penyu di hasil USG, sedangkan untuk gambar perempuan ada seperti bentuk hamburger di badan bayi.

Namun Mam juga perlu tahu bahwa meski keakuratan USG untuk melihat jenis kelamin bayi itu tinggi, bukan berarti 100% benar. Ada juga hasil yang mendapatkan hasil yang berbeda ketika si kecil lahir.

Karena itu ada juga yang menyarankan untuk tidak membeli persediaan yang terlalu tergantung pada jenis kelamin (seperti pita untuk perempuan atau warna gelap untuk laki-laki) sebelum bayi lahir.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :