Melahirkan di Bidan, Apakah Membahayakan?

Setelah dinanti-nanti selama hampir 9 bulan, akhirnya malaikat kecil yang Mam dan juga Ayah nantikan mulai ‘berteriak’ untuk keluar dari perut sang ibu. Tentu perasaan yang Anda dan pasangan rasakan begitu campur aduk, entah bahagia, sedih, terharu, dan lainnya campur jadi satu.

Tapi tentu sebelum waktu itu tiba, Anda dan pasangan pun sudah memikirkan metode apa yang akan Anda pilih untuk melahirkan. Ada yang memilih untuk melakukan proses persalinan di rumah sakit bersama dokter, tapi tidak jarang pula yang lebih mempercayai persalinan di bidan. Dalam beberapa faktor, bidan memang mengungguli soal biaya dalam urusan persalinan, tapi berbahaya tidak ya kalau kita melahirkan bersama bidan? Simak penjelasannya di bawah ini, ya Mam.

Jenis Pendidikan yang Dimiliki antara Dokter dan juga Bidan

Mam, sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang membuat persalinan bersama dokter dan juga bidan begitu berbeda. Hal yang paling utama adalah jenis pendidikan yang diambil oleh keduanya. Seperti yang sudah diketahui, dokter kandungan memiliki spesialisasi dalam urusan kehamilan dan juga kelahiran. Ia juga sudah memegang bekal medis untuk melakukan operasi jika memang dibutuhkan.

Sedangkan kalau bidan, ia memang terlatih dalam ilmu kehamilan dan juga kelahiran hanya saja sebagian besar bidan tidak dilenkapi dengan keahlian untuk melakukan operasi. Tapi hal yang benar-benar sama antara dokter dan juga bidan adalah ia akan memberikan pelayanan bagi kehamilan dan juga kelahiran yang sama. Biasanya orang yang pergi ke bidan juga sebelumnya sudah dipastikan terlebih dahulu apakah kandungan tersebut memiliki masalah atau tidak. Apakah sudah mengunjungi dokter kandungan terlebih dahulu atau belum.

Pertimbangkan Kondisi Kehamilan dan juga Diri Anda

Ketika Anda ingin melahirkan dan mulai khawatir memilih dokter atau bidan, ada baiknya Anda memastikan kondisi kehamilan dan juga kesehatan diri Anda terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila kesehatan kehamilan dan juga diri Anda normal, mungkin Anda bisa memilih bidan. Tapi kalau memang Anda memiliki kondisi kesehatan yang kurang normal, mulai dari tekanan darah tinggi, epilepsi, penyakit jantung, dan atau diabetes, memilih dokter adalah keputusan yang paling bijak.

Tidak hanya kesehatan diri Anda, tetapi hal yang perlu Anda pertimbangkan kondisi bayi yang prematur atau anak kembar. Biasanya bidan pun akan merekomendasikan langsung kelahiran Anda ke dokter kandungan.

Mengutamakan Kenyamanan Diri Anda

Meskipun kini sebagian besar wanita di kota besar lebih memilih untuk melahirkan di rumah sakit dan mendapatkan pendampingan dari dokter. Namun seiring dengan adanya trend persalinan secara alami seperti water birth yang bisa dilakukan di rumah, kini peran bidan pun kembali populer dan di butuhkan di sebagian besar kota besar di Indonesia. Tapi itu semua kembali ke dalam pilihan yang mengutamakan kenyamanan diri Anda. Jika memang Anda merasa lebih tenang, nyaman, dan percaya melakukan persalinan di dokte atau bidan, silakan saja. Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah kebutuhan pribadi  Anda.

Nah, Mam, itulah beberapa penjelasan singkat mengenai persalinan di bidan ataupun dokter. Semua pilihan ada di tangan Anda, pastikan Anda sudah memikirkan dengan  matang apa saja risiko dan juga kondisi diri dan juga calon anak Anda.

 

Baca juga:

Menyambut Kelahiran Bayi

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :