Menyiapkan Kamar Bayi untuk Buah Hati

menyiapkan kamar bayi

Buah hati sebentar lagi meramaikan keluarga Anda. Kamar menjadi bagian penting yang harus disiapkan, supaya bayi nyaman dan senang menempati kamar barunya. Aneka pernak-pernik bisa Anda siapkan jauh-jauh hari sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL) tiba.

Melihat bayi yang menggemaskan tidur nyenyak di kamarnya yang rapi, lucu, dan bersih membuat siapa pun yang melihatnya pasti ikut senang. Dengan kamar yang rapi dan lucu tersebut, bayi tentu akan nyaman dan senang menempati kamarnya. Apalagi, bayi yang baru saja lahir, akan lebih lama tidur dan tentunya lebih lama berada di kamarnya. Aneka hiasan warna-warni yang identik dengan bayi pun akan membuatnya antusias, seiring perkembangannya yang terus meningkat. Karena saat usianya nanti sekitar 10-12 minggu, matanya sudah mulai mengenali objek, yakni benda-benda di sekitarnya termasuk mainan warna-warni yang digantungkan di atas boks bayinya.

Kamar bayi memang menjadi bagian yang tak boleh dilupakan dalam menyambut buah hati yang sebentar lagi lahir ke dunia. Jika ibu dan ayah sudah berbelanja baju-baju bayi, saatnya mendekorasi kamar bayi dan mengisinya dengan pernak-pernik khas anak-anak.

Rasanya bukan menjadi hal yang berlebihan dengan menghadiahi kamar bayi yang didekorasi seindah mungkin untuk buah hati. Bagaimana tidak, kehadirannya sudah dinanti-nantikan sejak lama oleh pasangan. Sang ibu pun telah mengandungnya selama 9 bulan 10 hari dengan penuh kasih sayang. Wajar saja, jika untuk menyambut buah hati, segala persiapan dan pernak-pernik untuk buah hati dilakukan sebaik mungkin oleh orangtua.

Ibu dan ayah bisa kompak mempersiapkan kamar bayi ini berdua. Biasanya, selera ibu dan ayah sedikit berbeda. Namun, jika dipersiapkan berdua bisa saling melengkapi sehingga nantinya ayah dan ibu pun akan sama-sama bertanggung jawab untuk tetap merawat kamar bayi tersebut. Namun, terkadang ayah dan ibu tak tahu harus mempersiapkan apa saja dalam mendekorasi kamar calon buah hatinya. Hem, jangan khawatir, beberapa hal berikut ini bisa dijadikan inspirasi dalam mendekor kamar indah si bayi. Yuk disimak.

  1. Warna cat dinding
    Gunakan cat yang aman untuk mengecat dinding kamar bayi karena pada beberapa cat ternyata tidak aman untuk manusia, apalagi bayi. Beberapa warna cat bisa Anda pilih untuk dinding kamar si kecil. Jika Anda memilih warna cat dengan mempertimbangkan jenis kelamin bayi, pilihannya merah muda untuk perempuan dan biru untuk laki-laki. Namun, jika Anda tidak mempersoalkan masalah warna dengan jenis kelamin ini, Anda bisa memilih warna-warna lain yang tentunya tak kalah memberikan nuansa indah untuk kamar bayi. Anda bisa memilih warna-warna lain seperti kuning, hijau, oranye yang membuat kamar bayi berkesan sejuk dan ceria.
  2. Boks bayi
    Tempat tidur yang paling pas untuk bayi adalah boks bayi dengan adanya pagar yang mengelilinginya. Memang, saat baru lahir, bayi belum banyak bergerak, namun jika ia sudah tengkurap lalu guling-guling, pagar yang mengelilinginya bisa menjadi pelindung supaya tak jatuh. Saat usianya di atas 7 bulan, biasanya bayi juga sudah mulai ingin berdiri. Pagar yang mengelilingi boks bayi ini bisa dijadikan alatnya untuk belajar berdiri, sehingga buah hati pun bisa lebih cepat berjalan.
  3. Seprai
    Anda bisa mempersiapkan seprai dengan memilih gambar yang lucu, seperti gambar princess jika bayi perempuan, atau gambar karakter kartun jika laki-laki. Warna seprai akan lebih indah jika disesuaikan dengan warna cat dindingnya. Supaya wangi dan nyaman untuk tidur bayi, cuci dengan deterjen dan pengharum pakaian khusus bayi. Pasti adik bayi akan tidur pulas dengan seprai yang nyaman, lembut, dan harum ya Bu.
  4. Mainan bayi dan pernak-pernik bayi
    Tentu indah jika kamar bayi diisi dengan aneka mainan dan pernak-pernik yang berhubungan dengan bayi. Anda bisa meletakkan beberapa boneka di atas lemari baju, meletakkan kotak musik di dekat ranjang tidurnya, dan aneka mainan bayi lainnya. Beberapa hiasan yang sarat dengan karakter anak-anak juga akan lebih mempercantik kamar si kecil.
  5. Tirai
    Lengkapi kamar bayi dengan tirai yang lembut dan sesuaikan warnanya dengan cat dinding kamar. Tirai bisa melindungi ruangan dari cahaya matahari terik di siang hari yang kapan saja bisa menerpa si kecil. Namun, sebaiknya kebersihan tirai sangat diperhatikan karena sering menjadi sarang nyamuk dan debu.
  6. Lampu
    Lampu juga perlu diperhatikan untuk mempersiapkan kamar bayi bagi buah hati. Pilih lampu yang cukup terang untuk penerangan di malam hari. Dengan lampu yang terang bisa cepat diketahui apabila ada hewan-hewan yang merayap atau semut di dekat si kecil.

Wah, sudah tak sabar kamar yang Anda tata bersama ayah ditempati si kecil. Pasti ia akan senang dengan kamar bayinya. Selamat menunggu kelahiran buah hati tercinta ya Bu.

Dewi Novianingsih, adalah seorang ibu yang gemar menulis. Ia pun tertarik pada dunia wanita dan parenting. Mama baru yang memilih menulis di sela-sela kesibukannya mengasuh buah hatinya ini pernah menjadi editor di beberapa penerbit dan agensi naskah selama 5 tahun. Kini, ia ingin berbagi bersama para ibu dengan tulisannya.

Related Posts

Comments :