Nama Bayi Arab, Jawa atau Barat?

Mendapatkan seorang buah hati adalah salah satu hal yang paling membahagiakan bagi para orang tua, dan salah satu kegiatan yang membuat Mam dan Ayah begitu excited pastinya adalah saat memberikan nama untuk anak bukan?

Memberikan nama yang paling bagus untuknya adalah hal yang bisa memberikan berkah pada kehidupan buah hati ke depannya. Tetapi memang sebagai orang Indonesia, ada beberapa dilema yang dialami, karena banyaknya perpaduan suku di negara kita, seringkali Mam bingung untuk memutuskan nama apa yang akan dipakai oleh buah hati. Jawa, Arab atau barat, mana yang lebih baik ya?

Bisa mengikuti tradisi keluarga

Bila keluarga Mam dan Ayah memiliki sebuah tradisi pemberian nama, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti tradisi tersebut. Misalnya, Mam memiliki tradisi memberi nama Jawa sedangkan ayah memberi nama Arab. Gabungkan saja kedua nama tersebut agar terdengar unik dan indah.

Nama Jawa lebih dikenal

Bila Mam merasa bahwa ada pentingnya untuk mengambil nama yang tidak membingungkan agar mudah dieja dan dilafalkan, sebaiknya Mam memilih nama Jawa.

Nama Jawa sangat dikenal oleh orang Indonesia, varian tulisannya pun sudah cukup dipahami oleh orang-orang sini. Daripada memberikan nama barat atau Arab yang susah dieja atau dilafalkan –dan bisa menimbulkan terjadinya salah penulisan nama di akte—ada baiknya Mam memutuskan untuk mengambil nama Jawa.

Nama Arab memiliki bahasa yang menarik

Semua bahasa memang menarik, tetapi memang bahasa Arab memiliki pesonanya tersendiri. Mam perlu tahu bahwa ada beberapa varian nama di bahasa Arab yang ketika digabungkan akan memiliki arti lain. Indah dan unik, nama Arab bisa dipilih oleh Mam yang tidak ingin mainstream.

Nama Barat terdengar keren dan memiliki kesan religius

Tidak bisa dipungkiri bahwa pesona nama barat memang cukup besar. Tentunya kita sering mendengar anak dengan nama “Grace” atau “Dio” yang masing-masing memiliki hubungan langsung dengan arti religi.

Soal pilihan nama, semua sama banyaknya

Jangan mengira karena bahasa Jawa sudah dikenal berarti pilihan namanya itu-itu saja. Banyak bahasa Jawa kuno yang memiliki nama-nama dengan kesan bangsawan yang cukup menarik untuk Mam pelajari sebelum memutuskan nama pasti bagi si buah hati.

Nama barat dan Arab juga memiliki varian yang cukup banyak dan bisa dieksplorasi oleh Mam dan Ayah.

Jangan terburu-buru

Tidak ada salahnya untuk mengambil banyak waktu saat memutuskan nama untuk buah hati. Mam tidak perlu bingung karena itu adalah hak Mam dan ayah. Jangan biarkan orang lain membuat Mam panik ketika belum memutuskan nama.

Mempersiapkan nama buah hati segera setelah diketahui jenis kelaminnya saat USG juga bisa menjadi alternatif yang baik karena Mam dan Ayah memiliki waktu yang cukup panjang untuk memberikan nama.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :