Smoothies untuk Ibu Hamil

Mam, memastikan Si Kecil mendapatkan makanan dan minuman bernutrisi untuk tumbuh-kembang dirinya salah satu kewajiban Anda sebagai orangtua. Namun, memastikan nutrisi yang didapatkan oleh Si Kecil yang masih berada di dalam kandungan pun tidak kalah penting. Jika banyak dari Mam mengalami morning sickness saat hamil yang membuat Mam sulit mengonsumsi makanan apapun, smoothies dapat menjadi penyelamat untuk Mam. Bila diolah dengan bahan-bahan yang tepat, smoothies akan menjadi minuman penuh serat dan nutrisi lainnya dan cocok untuk dijadikan sarapan, makan siang, atau snack bergizi. Berikut adalah beberapa macam smoothies yang langsung bisa Mam buat di rumah:

Pineapple Basil Smoothie

Walaupun mencampurkan bahan herba ke dalam smoothie jarang dilakukan, namun rasa eksotis yang diberikan oleh daun basil tidak boleh disepelekan. Tambahkan sedikit nanas dan jahe, smoothies ini akan bewarna seindah pasir pantai yang menggoda untuk segera dinikmati.

Pineapple Mango Chia-seed Smoothie

Sesuai dengan namanya, tiga bahan utama pembuatan smoothies ini adalah mangga, nanas, dan biji chia. Selain ketiga bahan tersebut, Mam juga membutuhkan bayam dan air jeruk sebagai bahan tambahan. Tidak hanya penuh dengan nutrisi yang Mam butuhkan saat hamil, smoothies bertekstur lembut dan creamy ini juga sangat lezat dan segar yang berasal mangga dan air jeruk di dalamnya.

Banana Apricot Soy Freeze

Untuk membuat minuman ini, Mam membutuhkan: ½ gelas susu kedelai rasa vanilla, ½ gelas yogurt rendah lemak beku rasa vanilla, 1 buah pisang berukuran sedang, ½ gelas jus aprikot, dan es batu. Caranya, masukkan semua bahan-bahan tadi dalam blender dan tunggu sampai tercampur rata. Jika sudah, banana apricot soy freeze siap menyegarkan hari-hari Mam.

Cucumber Cantaloupe Cooler

Mam suka yang hijau-hijau menyegarkan? Cucumber-cantaloupe cooler akan jadi smoothies kesukaan Mam. Untuk membuatnya, Mam membutuhkan ½ gelas mentimun yang sudah dipotong dadu, 1 gelas melon potong dadu, ½ gelas yogurt tawar yang rendah lemak, 4-6 daun mint segar, 1 sdm madu, 1 sdt perasan lemon, dan es batu. Campurkan semua bahan dalam blender, segera minum waktu sedang segar-segarnya. Minuman berbahan utama mentimun dan melon ini mengandung banyak protein, kalsium, dan vitamin C lho, Mam. Selain untuk mendapatkan aroma dan memperkuat rasa, daun mint juga berguna untuk menambah kesegeran, apalagi jika Mam meminumnya di hari yang panas.

Carrot Citrus Booster

Sekalipun Mam tidak suka dengan jus wortel, jeruk citrus akan memperkaya rasa sehingga smoothies ini patut Mam coba. Tidak memerlukan banyak bahan, Mam hanya perlu menyiapkan ¾ gelas jus jeruk dan lemon sorbet dan es batu secukupnya.

Ginger Peach Passion

Sentuhan jahe segar dalam buah peach yang sudah dilumatkan dapat meredakan mual yang dirasakan oleh Mam. Untuk membuat smoothie ini, Mam membutuhkan ½ gelas buah peach yang telah diiris (jika sulit mencari buah peach segar, Mam boleh menggunakan peach kalengan), 1 gelas yogurt rendah lemak rasa vanilla, ¼ gelas jus mangga, dan ½ sdt jahe parut segar.

Bagaimana, Mam? Sekarang Mam sudah tahu kan macam-macam smoothies yang bisa Mam bikin dirumah? Jangan lupa untuk rutin meminumnya ya, tubuh Mam – dan juga Si Kecil dalam kandungan – akan berterima kasih akan itu.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :