Pertama Kali Melahirkan? Coba Cara Ini untuk Minta Bantuan

Memasuki waktu persalinan, Anda tentu sudah mempersiapkan segala sesuatu menyangkut persalinan Anda mulai dari mempersiapkan pakaian setelah melahirkan, botol-botol ASI, hingga mengatur secara otomatis nomor bidan atau rumah sakit terdekat di dalam ponsel Anda. Persiapan seperti itu memang bagus untuk dilakukan sedini mungkin agar Anda tidak kewalahan ketika tiba saatnya untuk melahirkan.

Tetapi terkadang masih banyak orang tua baru yang belum menyadari dan memahami betapa emosionalnya menjadi orang tua. Mulai dari menguasai keterampilan baru seperti menyusui, mengganti popok, menenangkan otak ketika bayi mulai rewel, dan bahkan tantangan dalam menghadapi perubahan hormone, kehabisan tenaga, dan juga pemulihan fisik sejak melahirkan.

Pada saat-saat seperti itulah Anda seharusnya sudah mulai mempertimbangkan bantuan orang lain untuk meringankan tugas-tugas Anda. Tetapi kembali lagi, masih banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara meminta pertolongan atau tidak. Mam, percayalah kalau semua ibu baru memang membutuhkan sedikit pertolongan dari orang lain. Lalu bagaimana cara mendapatkan dan meminta bantuan tersebut tanpa harus mengurangi poin Anda sebagai seorang ibu? Berikut penjelasannya.

Buang Jauh-jauh Rasa Bersalah

Banyak pasangan orang tua baru, terutama ibu yang merasa kesulitan dan bersalah untuk mencari pertolongan karena mereka berpikir kalau mereka seharusnya bisa melakukan semuanya sendiri dengan baik. Padahal cara berpikir tersebut hanya bisa menyebabkan stress sehingga menghambat kemampuan tubuh Anda untuk pulih sejak pertama kali melahirkan. Oleh karena itu, khusus bagi para ibu baru, disarankan untuk mencari tahu apa yang benar-benar bisa dilakukan sendiri dan membiarkan bantuan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya.

Mintalah Bantuan

Jika Anda tinggal di dekat rumah orang tua, saudara kandung, dan teman-teman mintalah bantuan mereka untuk menolong Anda. Cobalah untuk meminta bantuan mereka pada minggu-minggu pertama Anda melahirkan, mintalah bantuan mereka untuk meringankan beberapa tugas spesifik Anda yang bisa dilakukan oleh semua orang. Anda bisa meminta bantuan mereka untuk membuatkan makanan, mencuci pakaian atau piring, dan juga lainnya, sehingga Anda pun masih tetap bisa melakukan mengerjakan hal lain sedikit demi sedikit secara bersamaan.

Dalam memilih bantuan, pastikan Anda sudah memilih orang yang tepat dan berhati-hati. Pada masa-masa seperti ini Anda tentu tidak ingin menghadapi banyak drama dari orang lain yang bisa menyebabkan Anda stress dan mudah tersinggung ketika Anda tidak mau menerima saran dari mereka. Pertimbangkan siapa saja yang akan bersama Anda dan siapa yang mau berinisiatif untuk membantu dan memberikan waktu Anda untuk beristirahat.

Bagikan Beban

Dorong partner Anda untuk berperan aktif dalam merawat bayi dan biarkan ia melakukan berbagai hal dengan caranya sendiri agar ia pun dapat mempelajari keterampilan sehingga mendapatkan kepercayaan dirinya. Anda bisa membagikan beberapa beban bersama dan juga bertukar waktu istirahat agar sama-sama bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Jika Bantuan tidak Tersedia

Anda mungkin hanya akan menerima bantuan untuk bayi Anda dari orang-orang terdekat Anda seperti sanak keluarga dan juga teman. Tetapi bagaimana jika Anda tidak memiliki keluarga dan teman di dekat Anda? Meskipun membutuhkan banyak pertimbangan dari awal, tetapi tidak ada salahnya jika Anda meminta bantuan pada tetangga Anda untuk menyelesaikan beberapa tugas umum lainnya. Anda juga bisa mempertimbangkan bantuan dari layanan pembantu sementara atau pekerja part-time untuk melakukan pekerjaan rumah dan mengawasi bayi ketika Anda istirahat.

Nah, Mam, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bantuan ketika pertama kali menjadi seorang ibu dan juga orang tua. Anda mungkin merasa mampu untuk melakukan semua pekerjaan tetapi dalam praktiknya belum tentu, oleh karena itu mempertimbangkan beberapa bantuan bukanlah suatu hal yang salah. Hal ini dilakukan juga dengan tujuan demi kesehatan Anda sendiri, karena menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah terlebih bagi Anda yang baru pertama kali menjadi seorang ibu.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :