Pertolongan Pertama Muntah Darah Saat Hamil

Muntah darah saat hamil, kehamilan, muntah darah Photo Credit: Pexels

Bisa merasakan kehamilan adalah salah satu impian yang diinginkan para wanita. Bisa membangun keluarga, memiliki pasangan yang saling mencintai, dan mempunyai anak-anak yang lucu selalu masuk ke dalam target yang ingin dicapai dalam hidup.

Ketika hamil pun, ada momen dan perasaan yang berbeda. Selama sembilan bulan mengandung, tidak ada yang bisa memungkiri kalau itu adalah salah satu saat terbaik dalam hidup. Namun, masalah pun juga suka muncul ketika sedang hamil. Apalagi penyakit yang tentunya akan mengganggu dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satu penyakit yang biasa muncul adalah muntah darah.

Diawali dari perasaan mual ketika pagi hari, lalu terkadang berlanjut hingga muntah beserta darah. Dan itu bukanlah pertanda yang bagus. Harus ada pertolongan pertama yang dilakukan ketika muntah darah saat hamil. Berikut empat pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh Mam.

Banyak minum air putih

Ketika muntah darah saat hamil, maka dipastikan banyak cairan yang keluar dari tubuh. Tubuh pun akan menjadi lebih lemas, padahal ibu hamil perlu asupan cairan yang mencukupi tiap harinya agar kondisi tubuh tetap fit dan tidak dehidrasi.

Maka dari itu, Mam perlu banyak minum air putih saat muntah darah melanda tubuh. Dengan banyak minum air putih, cairan yang hilang pun bisa tergantikan dan tubuh tetap fit dalam melakukan aktivitas sepanjang hari.

Minum jus buah

Selain minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang, minum jus buah pun juga dianjurkan saat terkena muntah darah. Tidak hanya menggantikan cairan, tapi dengan minum jus buah, nutrisi yang hilang karena keluar lewat muntahan bisa digantikan dengan jus buah itu. Kalau bisa, hindari jus buah yang rasanya asam dan cari yang rasanya manis agar kondisi perut tidak terganggu dengan keasaman jus buah yang diminum.

Makan kudapan dengan rasa tawar

Setelah memberikan tubuh asupan cairan yang cukup, sekarang giliran memakan kudapan dengan rasa yang tawar. Biskuit tawar, roti tawar, atau pun sereal bisa menjadi pilihan Mam untuk mengatasi muntah darah yang mengganggu.

Tapi untuk kudapan ini, biasanya lebih dianjurkan untuk muntah darah yang terjadi saat baru bangun tidur. Dengan menyantap kudapan dengan rasa tawar, rasa mual dan rasa tidak enak di perut bisa diatasi sehingga perut pun tidak terasa kosong.

Istirahat yang cukup

Hal terakhir yang perlu dilakukan ketika mendapatkan masalah muntah darah ketika hamil adalah istirahat yang cukup. Biasanya tubuh akan menjadi lemas karena kehilangan cairan sekaligus nutrisi. Belum lagi nafsu makan juga akan berkurang drastis karena mual. Tapi Mam harus bisa melawan itu semua. Jangan sampai biarkan rasa tidak enak mengganggu kondisi tubuh. Untuk itu, perlu istirahat yang cukup agar tubuh bisa mengisi tenaga lagi sekaligus membuat tubuh lebih nyaman lagi.

 

Melihat empat pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika mendapatkan penyakit muntah darah saat hamil, Mam bisa memilih mana yang terbaik. Perlu diingat, perasaan mual bisa terjadi kapan saja, khususnya pagi hari setelah bangun tidur. Itu adalah hal lazim yang dialami oleh ibu hamil, jadi jangan merasa takut ketika muntah darah karena bisa diatasi dengan mudah. Tinggal ikuti empat pertolongan pertama di atas, maka tubuh Mam akan lebih baik dan enak lagi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :