Risiko Main HP Saat Menyusui Bayi

HP memang menjadi bagian penting tak terpisahkan di kehidupan yang serba canggih ini. Di setiap kesempatan, HP menjadi barang penting yang selalu ada dalam genggaman dan dicek setiap waktu. Bagi Mam yang sedang menyusui pastinya tidak ingin tertinggal berita atau info terbaru. Namun, Mam harus ingat bahwa HP memiliki bahaya radiasi bagi tubuh. Jika orang dewasa saja bisa terkena efek buruk radiasi HP, apalagi Si Kecil yang masih rentan terhadap segala hal. Untuk itu jangan pernah sekali-kali Mam menggunakan HP saat menyusui Si Kecil. Karena ada dampak buruk yang mengintai kesehatan Si Kecil.

Saat menyusui adalah saat-saat penting dimana Mam dan Si Kecil bisa melakukan komunikasi secara langsung. Saat menyusu, terkadang Si Kecil akan mencoba mencari perhatian Mam. Biasanya Si Kecil akan mengeluarkan suara atau memberikan senyuman kepada Mam sebagai bentuk komunikasi. Jika Mam sibuk dengan HP yang ada dalam genggaman, Mam mungkin tidak akan bisa memberikan respons kepada Si Kecil.

Padahal, respon dari Mam berarti penting bagi Si Kecil. Akibatnya, Si Kecil bisa merasa cemas dan merasa tidak ada ikatan batin dengan Mam. selain itu ada risiko yang lebih besar dari sekadar kecemasan Si Kecil, yaitu efek negatif dari radiasi HP yang sudah banyak diketahui bisa menyebabkan kanker dan mengganggu tumbuh kembang anak.

Risiko radiasi dikhawatirkan memengaruhi perkembangan otak dan syaraf Si Kecil. Radiasi dari HP bisa mengakibatkan rusaknya komunikasi antar sel syaraf. Jika syaraf terganggu, pengiriman sinyal antar satu sel ke sel lainnya terhambat dan memiliki pengaruh jangka panjang yang buruk bagi pertumbuhan Si Kecil.

Saat sibuk dengan HP Mam bisa saja tidak menyadari apakah Si Kecil masih menyusu atau sudah tertidur. Mam juga tidak tahu apakah ASI yang diminum Si Kecil sudah cukup atau belum. Padahal memperhatikan asupan ASI ynag diminum bayi sangatlah penting. Seringnya, bayi sering tertidur di saat tengah menyusu dan berhenti minum ASI. Padahal bisa saja ASI yang diminum Si Kecil masih kurang. Jika Mam fokus pada HP, Mam tidak menyadari hal ini.

Mam mungkin berpikir bahwa Si Kecil memang sudah kenyang dan tertidur. Padahal bisa saja sebaliknya. Maka dari itu, penting bagi Mam untuk memperhatikan Si Kecil saat ia menyusu.

Kurangnya perhatian Mam saat Si Kecil menyusu bisa juga berdampak hingga Si Kecil dewasa nanti. Saat sibuk dengan HP, Mam akan lupa untuk memberikan sentuhan kepada Si Kecil. Padahal sentuhan fisik ini berarti penting bagi Si Kecil. Si Kecil juga bisa melakukan protes dengan cara menjadi rewel dan mengamuk karena merasa diacuhkan oleh Mam. jika hal ini terus berlanjut, saat Si Kecil tumbuh dewasa, ia akan menjadi pribadi yang pemarah.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :