Tanda-Tanda Kehamilan yang Sering Tidak Disadari

Salah satu tujuan pasangan menikah adalah untuk mendapatkan keturunan. Ya, kehamilan mungkin merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. Tak jarang, tanda-tanda kehamilan menjadi salah satu hal yang paling menggembirakan.

Namun sayang, banyak juga wanita yang tidak sadar bahwa dirinya telah hamil, apalagi di awal-awal masa kehamilan. Mereka menganggap gejala-gejala awal kehamilan hanya sebagai sakit biasa, seperti pusing-pusing atau hanya mual yang dianggap sebagai gejala masuk angin. Akibatnya, mereka melakukan banyak aktivitas yang berbahaya bagi kehamilan sehingga terjadi gangguan kehamilan.

Maka dari itu, untuk menambah pengetahuan Mam tentang gejala dini kehamilan, ada baiknya Mam menyimak daftar tanda-tanda kehamilan yang sering tidak disadari berikut ini.

Merasa Cemas

Kecemasan mungkin sering terjadi ketika Mam terlalu banyak mengonsumsi kafein. Karena terlalu cemas, akibatnya Mam jadi sulit tidur. Namun, bila Mam tidak mengonsumsi kafein selama beberapa hari belakangan, kemungkinan besar Mam sedang hamil.

Cepat Lapar

Ketika sedang beraktivitas, tiba-tiba ada perasaan ingin makan yang luar biasa. Perasaan itu dengan cepat berubah jadi lapar, padahal Mam baru saja makan sekitar 2 jam yang lalu. Mam bahkan terdorong untuk membongkar isi lemari makan hanya untuk mencari makanan yang dapat dimakan saat itu juga. Hal ini mungkin terjadi akibat kenaikan hormon beta HCG yang menyebabkan tubuh Mam jadi cepat lapar. 

Indera Penciuman Makin Tajam

Belum terlihat orangnya, Mam sudah dapat mencium bau parfum Ayah. Mam bahkan refleks pergi menjauh dari aroma asap rokok atau mungkin bau badan seseorang, padahal hal tersebut datang dari jarak yang cukup jauh. Ketika hamil, biasanya ketajaman indera penciuman akan meningkat tajam apalagi ketika mencium aroma yang tidak disukai. Inilah naluri seorang ibu hamil yang menjauh dari sesuatu yang tidak disukai. 

Mual dan Muntah

Gejala ini mungkin sering terjadi pada banyak wanita hamil, apalagi di awal-awal masa kehamilan. Banyak juga yang salah mengartikan gejala ini sebagai masuk angin biasa. Padahal, bisa saja ini disebabkan karena peningkatan jumlah hormon dalam tubuh akibat kehamilan. Perasaan mual dan muntah yang diakibatkan oleh kehamilan biasanya muncul pada pagi hari saja. Bila benar demikian, mungkin saja Mam sedang hamil.

Payudara Membesar dan Lembut

Penampakan fisik yang paling terlihat di masa awal kehamilan adalah ukuran payudara yang membesar. Biasanya, payudara akan membesar hingga dua kali ukuran normal. Ketika dipegang, payudara jadi terasa lebih lembut. Ini terjadi akibat persiapan payudara untuk memproduksi ASI. Sebaiknya Mam menggunakan sport bra agar payudara dapat tertopang dengan sempurna agar terasa nyaman ketika beraktivitas. 

Sering Buang Air Kecil

Di awal kehamilan, mungkin Mam akan merasa sering buang air kecil. Hal ini disebabkan karena ketika hamil, uterus mengembang sehingga menekan saluran kencing dan kandung kemih. Hal ini membuat Anda lebih sering buang air kecil. Ini juga sering disalahartikan oleh sebagian besar orang sebagai gejala anyang-anyangan atau infeksi saluran kencing. Bila tes kehamilan menunjukkan hasil yang negatif, sebaiknya Mam segera periksakan ke dokter.

Nafas Tersengal

Gejala yang satu ini memang tidak semua wanita mengalaminya. Namun, bila Mam merasa bernafas lebih pendek dan terkesan tersengal, Mam patut curiga. Biasanya orang akan menganggap hal ini sebagai sesak nafas biasa. Padahal, bisa jadi ini disebabkan karena tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk proses tumbuh kembang janin di dalam rahim. 

Mudah Lelah

Banyak sekali wanita hamil yang tidak sadar bahwa gejala ini merupakan gejala hamil. Sebab, mereka menganggap kelelahan ini diakibatkan karena aktivitas sehari yang terlalu padat sehingga jadi mudah lelah. Padahal, bisa jadi hal ini disebabkan karena asupan energi yang dibagi antara Mam dan janin dalam kandungan.

 

Berapa banyak gejala di atas yang Mam alami dalam sehari? Seberapa sering itu terjadi? Bila cukup banyak, sebaiknya segeralah untuk mengambil alat tes kehamilan untuk mendeteksi secara dini kehamilan Mam agar tidak terlambat menyadarinya sehingga kehamilan dapat dipertahankan hingga Si Kecil lahir 9 bulan kemudian. Selamat menjadi ibu, Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :