Teknik Melahirkan di Air, Aman Atau Tidak?

Mam pasti sering dengar bahwa akhir-akhir ini, teknik melahirkan di air atau water birthing adalah hal yang dianggap sangat aman dan tanpa rasa sakit untuk semua ibu hamil. Godaan melahirkan dengan rasa sakit yang berkurang memang membuat banyak Mam yang tergiur untuk melakukan water birthing, tapi apakah teknik melahirkan ini benar-benar aman dan tanpa resiko? IbudanMama punya jawabannya untuk Mam.

Otot-Otot Akan Lebih Elastis Sehingga Mam Lebih Rileks dan Rasa Nyeri Akan Berkurang

Hal pertama yang akan Mam rasakan saat water birthing adalah berkurangnya rasa sakit, hal ini disebabkan oleh otot-otot yang digunakan saat melahirkan akan menjadi lebih elastis ketika berada di dalam air. Sebenarnya bagi Mam yang sudah pernah merasakan terapi air untuk mengurangi nyeri haid pasti bisa memahami hal ini, karena nyeri haid memang terbukti bisa dikurangi dengan berada di dalam air atau berenang.

Menurunkan Resiko Cedera Kepala Bayi dan Peredaran Darah Bayi Akan Lebih Baik

Beberapa resiko cedera kepala bayi juga bisa dikurangi dengan water birthing, dan juga peredaran darah dari bayi akan lebih lancar karena ketika lahir, ia langsung bersentuhan dengan air. Bayi akan lebih cepat memerah, menandakan bahwa darahnya sudah berjalan dengan lancar.

Bukan Berarti Tanpa Resiko, Konsultasikan ke Dokter Terpecaya Terlebih Dahulu Sebelum Memutuskan Untuk Melakukannya

Tetapi tentu saja, meskipun memiliki banyak keunggulan, water birthing bukan berarti tanpa resiko, Mam. Resiko pertama adalah bayi tidak sengaja menelan air, hal ini tidak mematikan bila sedikit, namun sangat berbahaya ketika tidak langsung ditangani. Resiko lainnya adalah bayi mengalami perubahan suhu yang drastis, dari hangat ke dingin, sekali lagi ini bukan sesuatu yang berbahaya tapi tentunya beresiko. Water birthing juga memiliki proses yang lebih lama dari persalinan biasa, jadi pastikan Mam konsultasikan hal ini secara matang kepada dokter persalinan Mam yang terpercaya.

Saat ini sudah tidak sedikit rumah sakit yang memfasilitasi persalinan dengan air, jadi bila Mam serius melakukannya, Mam tidak perlu lagi jauh-jauh ke rumah sakit besar untuk melakukan water birthing.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :