Luar Biasa, Inilah 7 Manfaat Kacang tanah untuk Ibu Hamil

Di masa kehamilan, kebutuhan mineral dan vitamin yang mencukupi sangat dibutuhkan Mam. Namun tak jarang, beberapa jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi ibu yang sedang mengandung justru memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan, salah satunya yakni kacang tanah. Banyak orang masih percaya bahwa mengonsumsi kacang tanah dapat mengakibatkan anak yang dilahirkan nantinya akan menderita alergi. Akan tetapi, selagi Mam tidak menderita alergi kacang, mengonsumsi kacang tanah justru amat bermanfaat loh!

Berperan sebagai Antioksidan dan mengatur kolesterol

Kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6, zinc atau seng dan lemak tak jenuh, sehingga dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh dan menangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi kacang tanah, dapat memenuhi kebutuhan harian rata-rata vitamin E hingga 42%, vitamin B6 sebanyak 17%, zinc sebanyak 22% dan kebutuhan harian lemak tak jenuh sebanyak 42%. Kandungan lemak tak jenuh dalam kacang tanah lebih banyak dari pada kandungan lemak jenuhnya (34%), sehinga dapat membantu mengatur kolesterol.

Membantu mengatasi pendarahan internal dan mencegah anemia

Baik sang ibu maupun si bayi, sama-sama membutuhkan darah yang cukup dan sehat. Kandungan zat besi dan magnesium dalam kacang tanah cukup cepat memenuhi kadar kebutuhan harian rata-rata, masing-masing sebanyak 25% dan 42%. Kedua mineral tersebut dibutuhkan untuk pembentukan darah. Produksi darah di masa kehamilan meningkat, yang mana darah sang ibu juga dibutuhkan bayi dalam kandungan. Sehingga mengonsumsi kacang tanah akan sangat berguna untuk mengatasi pendarahan internal dan juga anemia yang kerap kali diderita ibu pasca melahirkan.

Membantu mengatasi masalah kulit

Ibu yang sedang mengandung tak jarang mengalami berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit berminyak dan kulit kering. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh, Mam. Kandungan minyak pada kacang tanah dapat membantu mengatasi permasalahan kulit.  

Mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes

Berdasarkan studi Temple & Shield dalam Journal of Medical Genetics vol. 39 yang dipublikasikan tahun 2002, beberapa ibu yang sedang mengandung mengidap resiko Transient neonatal diabetes mellitus (TNDB) atau diabetes yang diderita ibu (6 minggu pertama) pasca melahirkan. Dengan mengonsumsi kacang tanah, Mam bisa memenuhi asupan zinc yang juga membantu mengatur kadar gula dalam darah, sehingga mengurangi risiko diabetes TNDB. Selain itu, beberapa riset menunjukkan kaitan antara konsumsi kacang tanah yang teratur dengan menurunnya resiko penyakit jantung coroner.

Melancarkan pencernaan

Kacang tanah dikenal berserat tinggi, dalam tiap 100 gram terdapat 34% kebutuhan harian rata-rata. Serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan dapat meringankan konstipasi atau sembelit. Bagi ibu-ibu hamil yang punya problem pencernaan seperti ini, tentunya baik untuk menambahkan kacang tanah dalam pola makan harian.

Baik untuk pertumbuhan tulang dan sistem saraf

Dalam kacang tanah, terdapat kandungan mineral Mangan yang tinggi, yakni 97% dari kebutuhan rerata harian. Mangan bersama mineral lainnya dalam kacang tanah, meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang pada anak dalam kandungan. Serta baik untuk sistem saraf terutama bagi sang ibu dengan cara membantu mengatasi insomnia dan iritasi.

Cemilan yang mencukupi

Kebutuhan energi ibu mengandung tentu lebih banyak daripada biasanya, karena sari makanan yang dicerna tentunya akan diserap oleh si bayi. Kandungan kalori, lemak dan protein yang cukup banyak dalam kacang tanah menjadi solusi untuk ibu mengandung yang mengandung, dengan cadangan energi yang mumpuni. Selain itu kacang tanah juga sudah cukup dikenal sebagai camilan di berbagai kondisi, benar?

Bagaimana Mam? Banyak kan manfaat kacang tanah untuk dikonsumsi saat kehamilan. Sedikit saran sebelum mengonsumsi kacang tanah, yakni dengan cara menggorengnya dengan minyak sedikit saja agar menyingkirkan allergen, direbus dengan air dan sedikit garam, atau menambahkan sedikit kacang tanah di menu harian.

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :