4 Tips Artis Menyusui Sambil Bekerja

Mam, sudah tidak diabaikan lagi betapa bermanfaatnya ASI eksklusif untuk perkembangan bayi. Mulai dari memberikan manfaat untuk sistem kekebalan tubuh si bayi, mencerdaskan otak si bayi, memenuhi berat badan yang ideal, memiliki kesehatan tulang yang lebih kuat, hingga meningkatkan hubungan batin bagi si kecil dan juga anak semakin kuat.

Seperti yang diketahui, pemberian ASI eksklusif waktu minimalnya adalah sekitar 6 bulan. Tapi di Indonesia sendiri cuti seorang ibu yang baru melahirkan hanya 3 bulan, lalu bagaimana tips untuk menjamin kebutuhan ASI eksklusif bagi si kecil? Berikut penjelasannya.

Bicarakan Terlebih Dahulu Kondisi Anda kepada Atasan

Mam, memberikan ASI bukanlah perkara yang mudah. Harus adanya kedisiplinan dari sang Ibu untuk bisa memastikan bahwa si kecil sudah terpenuhi kebutuhan ASInya. Mengingat Anda kini sudah berperan sebagai ibu baru sekaligus menjadi pegawai, cobalah untuk membicarakan kondisi ini kepada atasan Anda terlebih dahulu. Mintalah izin kepada atasan Anda untuk memberikan waktu Anda untuk menyusui sambil tetap bekerja.

Anda harus memastikan terlebih dahulu kalau atasan Anda sama sekali tidak terganggu jika Anda bekerja sambil menyusui karena tidak semua orang bisa memaklumi hal tersebut. Yakinkan pula kepada mereka, betapa pentingnya menyusui dan dengan menyusui sebentar sama sekali tidak membuat pekerjaan Anda terganggu.

Ketahui Bagaimana Cara Memerah ASI

Setelah mendapat izin dari atasan Anda, jangan lupa untuk bekali diri Anda dengan pengetahuan untuk memerah ASI baik dengan tangan, pompa ASI manual, dan atau pompa elektrik. Penggunaan Pompa ASI ini tidaklah sulit, di setiap pompa yang Anda miliki sudah terdapat petunjuk yang sangat mudah untuk dipahami. Mengutip halaman Maknawi.com, artis sekaligus penyanyi muda Donita lebih senang menggunakan pompa ASI elektrik karena lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu.

Selain menggunakan pompa elektrik, Donita juga mengaku mengimbanginya dengan makanan-makanan sehat bergizi seperti buah-buahan, sayur, daging, susu rendah lemak, nasi merah, dan memperbanyak meminum air putih.

Jauhi Stress Ketika Memulai Pekerjaan

Agar kesuksesan Anda menjalankan dua peran sekaligus yakni menyusui sambil tetap bekerja tips selanjutnya adalah untuk menjauhi stress. Mam, sekecil apapun tingkat stress yang Anda rasakan bisa berdampak buruk pada ASI yang akan Anda hasilkan. Oleh karena itu, pastikan Anda menghindari stress dan juga memperhatikan asupan makanan Anda. Perbanyaklah memakan makanan bergizi ketika Anda bekerja. Hindari segala sesuatu yang bisa membuat Anda stress seperti beban fisik dan juga mental karena bisa mempengaruhi kuanititas ASI Anda.

Dukungan dari Lingkungan Kerja

Mam, tips terakhir yang tidak kalah penting adalah untuk mendapat dukungan dari lingkungan kerja Anda. Mam juga tidak perlu khawatir karena setiap ibu pun memiliki Hak untuk menyusui dan anak pun memiliki haknya sendiri untuk mendapatkan ASI di dalam undang-undang. Oleh karena itu, sebisa mungkin pastikan untuk berada di lingkungan yang mendukung keputusan Anda untuk menyusui sambil bekerja pula.

Mam, itulah beberapa tips menyusui untuk ibu yang bekerja. Keberhasilan pemberian ASI eksklusif itu sangat bergantung dari bagaimana pola hidup ibunya. Pastikan untuk selalu memperhatikan asupan makanan dan juga menjauhi stress karena hal-hal dikira sepele tetap memiliki pengaruh bagi kualitas ASI yang dihasilkan.

 

Baca juga :

Menjemur Bayi untuk Mengatasi Ikterus

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :