Apakah Ada Kemungkinan Si Kecil Alergi Terhadap ASI?

Pernah mendengar rasa khawatir ibu yang menyusui akan alergi ASI pada anak? Apakah itu benar-benar bisa terjadi padahal ASI adalah sumber terbaik untuk si kecil? Berikut penjelasan dari kami tentang alergi ASI.

Kemungkinan Itu Ada, Tapi…

Kemungkinan seorang bayi memberikan tanda-tanda alergi setelah konsumsi ASI itu ada, namun bukan berarti ia alergi akan ASI namun alergi akan apa yang ada di dalam kandungan ASI tersebut.

Seperti yang Mam ketahui, ASI terbuat dari ragam makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh Mam. Karena itu, reaksi alergi yang muncul pada si kecil setelah mengonsumsi ASI datang dari apa yang Mam konsumsi. Bisa jadi ia alergi telur atau protein yang telah Mam sebelum memberi si kecil ASI hariannya.

Segera konsultasikan dengan dokter bila reaksi alergi muncul dan ketahui penyebab alerginya agar hal ini dapat ditangani dengan efektfif.

Apa Tanda-tandanya?

Tanda-tanda alergi ASI pada si kecil adalah gumoh  —bayi mengeluarkan cairan dari mulut, menyerupai muntah namun cairan yang dikeluarkan hanya sedikit—yang terus-menerus (lebih dari empat kali, frekuensi normal gumoh adalah satu hingga empat kali per hari). Terkadang juga ditandai dengan munculnya ruam pada tubuh si kecil.

Bila muncul ruam, biasanya ini disebabkan oleh makanan laut seperti udang atau kerang yang dikonsumsi oleh Mam, namun untuk memastikan sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter agar penyelesainnya tepat sasaran.

Apakah Sebaiknya Dihentikan?

Tidak. Bayi tetap membutuhkan ASI eksklusif agar tumbuh kembangnya sempurna. Kecuali Mam tak dapat memproduksi ASI, tidak ada alasan untuk tidak memberikan si kecil ASI untuknya.  Karena itu Mam harus mengalah dan kurangi konsumsi yang membuat si kecil alergi.

Akan lebih baik lagi bila Mam tidak mengonsumsinya sama sekali. Mam juga sebaiknya tak mengonsumsi kafein selama memberi ASI karena kandungan tersebut kurang cocok bila masuk ke dalam tubuh bayi. Intinya, apapun yang Mam konsumsi juga akan dikonsumsi oleh si kecil. Karena itu, perhatikan dengan baik apa yang masukkan ke dalam tubuh, ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :