Cara Membersihan Breast Pump

ASI adalah makanan penting untuk bayi yang baru lahir. ASI kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh Si Kecil untuk pertumbuhannya. Namun sayangnya, tidak semua bayi bisa merasakan ASI langsung dari sang ibu karena penyebab tertentu. Untuk itu, diperlukan yang namanya breast pump atau pompa ASI. Pompa ASI memungkinkan Si Kecil untuk tetap bisa mendapatkan Asupan ASI yang cukup. satu hal yang perlu Mam perhatikan, ketika memakai pompa ASI, Mam juga harus tetap menjaga kebersihannya karena karena pompa ASI yang kotor dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Yuk, cari tahu cara membersihkan breast pump yang benar.

Gunakan Tisu Bersih

Sebelum menggunakan pompa ASI, bersihkan dulu bagian knop dan button-nya dengan menggunakan tisu. Sebaiknya Mam menggunakan tisu yang mengandung desinfektan, bukan tisu kering biasa. Hal ini bertujuan agar pompa ASI benar-benar bersih dari kuman dan bakteri. Begitu pula saat setelah selesai memakainya. Bersihkan juga dengan tisu desinfektan. Oh ya Mam, untuk menghindari terjadinya infeksi, ada baiknya Mam mencuci tangan hingga bersih sebelum mulai memompa.

Bersihkan Menggunakan Air Panas

Untuk mensterilisasi pompa ASI, gunakan air panas untuk merendam bagian-bagiannya, terutama bagian yang bersentuhan secara langsung dengan susu. pastikan tidak da sisa ASI yang menempel di selaput, atau bagian dalam pompa ASI karena hal ini bisa menimbulkan bau busuk. Bau busuk ini bisa disebabkan karena adanya aktivitas kuman dan bakteri dari residu air susu tadi.

Jangan Direndam di Tempat Cucian

Mungkin ada kalanya setelah memakai breast pump, Mam merasa lelah dan ingin segera tidur lalu Mam pun meletakkan alat pompa di rendaman air yang ada di dapur. Mam, sebaiknya jangan lakukan hal ini, ya. Breast pump harus dirawat secara higienis. Merendam alat tersebut di bak cucian bersama dengan alat makan lainnya. Hal ini sangat berbahaya dan bisa menurunkan kualitas alat tersebut. Solusinya, rendam pada tempat tersendiri. Bila perlu, belilah yang baru khusus untuk pompa ASI. Namun ingat, jangan merendamnya terlalu lama ya, Mam.

Gunakan Sikat Khusus untuk Membersihkan Bagian dalam

Gunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam botol pompa. Jangan dicampur penggunaannya dengan sikat yang sudah pernah dipakai untuk membersihkan botol-botol lainnya. begitu juga dengan spons pembersih untuk bagian luarnya. Setelah mencuci bagian-bagian breast pump, jangan dilap menggunakan serbet atau apapun, namun biarkan saja kering sendiri dengan cara diangin-anginkan. Mam cukup mengelap bagian sudut-sudutnya saja. sebaiknya gunakan tisu untuk hal ini.

Rendam dengan Air Pans Secara Berkala

Untuk menjaga breast pump tetap steril, maka Mam harus melakukan sterilisasi setiap 4 kali pemakaian. Membersihkannya saja mungkin tidak cukup karena masih meninggalkan sisa-sisa kotoran. Rebus tabung pompa ASI selama 10 menit. Hal ini merupakan cara mensterilisasi yang paling mudah. Setelah kering, Mam juga bisa mengoleskan alkohol untuk membunuh kuman penyakit dan agar botol segera kering.

Nah bagaimana Mam, tidak susah bukan menjaga kebersihan breast pump yang Mam miliki? Bagi Mam yang masih pemula, mungkin cara di atas cukup merepotkan tapi lama-kelamaan Mam akan terbiasa dengan hal ini. semoga bermanfaat.

Baca juga : 

Apa yang Bisa Dilakukan Ayah Untuk Bayinya?

 

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :