Cara Memompa ASI Agar Tetap Higienis

Memompa ASI sudah menjadi hal umum yang dilakukan oleh seorang ibu. Namun apakah Mam sudah melakukan pemompaan atau pumping yang benar dan higienis? Sebenarnya bagaimana sih cara melakukannya? Yuk simak step by step-nya di sini!

Cuci Tangan

Cuci tangan Mam dengan sabun antiseptik sebelum memulai pumping. Pastikan tangan Mam benar-benar bersih agar kotoran tidak masuk ke dalam ASI yang akan dikonsumsi oleh si kecil.

Gunakan Handuk Lembut

Ambil handuk berbahan lembut dan celupkan pada air hangat. Peras handuk lalu letakkan di area payudara. Langkah ini opsional namun sebaiknya dilakukan agar pumping makin mudah dilakukan. Pastikan bahwa handuk tersebut benar-benar halus ya, Mam! Handuk yang tidak halus dan lembut bisa memberikan efek kurang baik pada pumping nantinya. Air yang digunakan pun tidak boleh terlalu panas karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Wadah Harus Steril

Sediakan wadah yang sudah disterilkan (dengan cara dibersihkan dengan air panas dan sabun, dan harus sudah benar-benar kering. Mam harus memastikan tak ada sisa sabun di wadah tersebut) untuk menampung ASI yang akan mam berikan pada si kecil. Letakkan pula handuk atau kain bersih di bawah payudara, hal ini dilakukan agar Mam tak ada noda ASI yang jatuh ke pakaian Mam ketika melakukan pumping.

Pijat Payudara

Pijat payudara secara perlahan, caranya dengan gerakan memutar dari atas ke arah puting. Jangan lakukan terlalu keras dan terburu-buru, hal ini tidak akan mempercepat keluarnya ASI, justru menghambatnya dan membuat ASI tak lancar. Prosesnya akan makin lama, bukan?

Pastikan posisi tangan berada di sekitar areola (bagian gelap yang ada di sekitar puting). Kemudian tekan perlahan area tersebut, namun jangan menekan puting karena hal ini dapat menghalangi keluarnya ASI.

Lakukan gerakan ini terus-menerus hingga ASI memenuhi wadah yang ada atau sudah tak keluar lagi. Ulangi hal yang sama pada payudara sisi lainnya.

Bagaimana Mam? Tak susah kan untuk memompa ASI yang higienis? Selamat mencoba ya!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :