Manfaat ASI Eksklusif

Setiap Ibu selalu menginginkan dapat menyusui ASI eksklusif bagi bayinya. Menyusui eksklusif ini berarti tidak memberikan makanan atau minuman lain termasuk air putih (kecuali obat-obatan atau vitamin termasuk mineral tetes) pada bayi selain menyusui ASI atau memberikan ASI perah, sampai usia bayi 6 bulan. Bayi baru lahir memiliki cadangan zat gizi yang cukup hingga 3 x 24 jam setelah lahir sehingga ia tidak perlu diberi minuman atau cairan lain (seperti susu formula, madu, air putih, madu, air tajin, dll). Diharapkan Ibu akan tetap berusaha menyusui bayinya agar ASI cepat keluar. Pemberian makanan atau minuman selain ASI sebelum 6 bulan dapat mengurangi produksi ASI, meningkatkan risiko infeksi, alergi serta mengurangi ikatan kasih sayang antara Ibu dan bayi.

Karakteristik ASI

ASI sering disebut sebagai minuman ajaib penuh nutrisi yang wajib diberikan kepada bayi. ASI ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis minuman lain, termasuk susu formula.

  1. ASI mengandung zat gizi yang lengkap di antaranya karbohidrat, protein, multivitamin, dan mineral yang mudah diserap secara sempurna dan sama sekali tidak mengganggu fungsi ginjal bayi yang masih sangat lemah.
  2. ASI merupakan cairan hidup karena mengandung sel darah putih, zat kekebalan tubuh, enzim, hormon, dan protein yang cocok untuk bayi.
  3. ASI mengandung asam amino dan DHA alamiah yang dapat diserap bayi karena adanya kandungan enzim lipase dalam ASI.

Manfaat ASI dan Menyusui

Pemberian ASI secara eksklusif dan aktivitas menyusui dari Ibu tentu memiliki banyak manfaat bagi bayi, Ibu, maupun keluarga. Berikut manfaat yang dapat Anda dan bayi rasakan dari pemberian ASI.

Manfaat ASI bagi Bayi

  • Memenuhi seluruh kebutuhan untuk pertumbuhan sampai usia 6 bulan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan alergi
  • Membuat berat badan bayi tetap ideal
  • Mempercepat perkembangan motorik dan kognitif atau kecerdasan bayi
  • Meningkatkan jalinan kasih sayang yang dirasakan oleh bayi

Manfaat ASI bagi Ibu

  • Mengurangi risiko kanker payudara dan indung telur
  • Menunda kesuburan sehingga kehamilan menjadi tertunda
  • Mengembalikan berat badan ideal setelah melahirkan
  • Mengurangi perdarahan setelah melahirkan dan mencegah terjadinya anemia

Manfaat ASI bagi keluarga

  • Pemberian ASI dirasa lebih ekonomis, praktis, higienis, dan hemat waktu dibandingkan dengan pemberian susu formula
  • Bayi yang mendapatkan ASI lebih sehat dan tidak mudah sakit sehingga biaya pengobatan pun rendah

Ibu menyusui tentu membutuhkan dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar. Dukungan bagi Ibu dimulai dari proses melakukan IMD atau Inisiasi Menyusu Dini, pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan, memberikan MPASI mulai usia 6 bulan dan dilanjutkan pemberian ASI hingga usia 2 tahun. Mengingat besarnya manfaat ASI maka jadilah Ibu yang selalu memprioritaskan pemberian ASI ya, Mam. Semoga bermanfaat.

 

 

Baca juga:

Related Posts

Comments :