Si Kecil Tidak Mau Minum Susu, Apa yang Harus Mam Lakukan?

Photo credit: Pexels

Susu sering dianggap sebagai sumber nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang Si Kecil. Minuman yangs satu ini punya kandungan kalsium tinggi sehingga baik untuk tulang. Namun ada kalanya Si Kecil justru tidak mau minum susu. Hal ini mungkin mengkhawatirkan untuk Mam, lalu apa yang harus dilakukan? Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Cari tahu penyebab

Sesuatu pasti terjadi karena sebuah sebab. Begitu pula saat Si Kecil ogah minum susu. Pasti ada penyebab tertentu mengapa ia tidak mau minum susu. Sebelum Mam mengambil tindakan lanjut, segeralah cari tahu penyebab atau alasan mengapa Si Kecil menolak susu. Dengan demikian, Mam pun tidak akan salah mengambil langkah selanjutnya.

Bisa jadi Si Kecil tidak mau minum susu karena ada penyakit. Beberapa penyakit seperti infeksi telinga atau radang tenggorokan memang membuat aktivitas minum susu terasa menyakitkan. Perhatikan juga apakah susu menimbulkan reaksi alergi pada anak. Jika memang ini yang terjadi segera konsultasikan pada dokter.

Coba pengganti susu

Jika penyebab Si Kecil tidak mau minum susu bukan karena penyakit, Mam bisa mencoba alternatif pengganti susu. Bagaimanapun juga nutrisi yang dikandung susu masih bisa ditemuksn pada makanan atau minuman lainnya. Buah-buahan seperti jeruk dan pepaya punya kandungan kalsium yang cukup tinggi sehingga bisa menggantikan susu.

Kacang-kacangan juga memiliki susunan nutrisi yang serupa dengan susu. Jika Si Kecil tidak mau minum susu sapi, kacang-kacangan ini bahkan bisa dijadikan susu. Rasanya pun cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan susu sapi sehingga tidak menimbulkan rasa eneg buat Si Kecil. Susu almond tidak mengandung kolesterol sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan.

Kreasikan dalam bentuk lain

Selain karena penyakit dan rasanya, bisa jadi anak tidak mau minum susu karena bosan dengan bentuknya yang cair. Jika ini yang terjadi pada Si Kecil Mam bisa coba mengkreasikan susu ke dalam bentuk lain. Dengan mengubah susu cair ke dalam bentuk lain, Si Kecil tidak akan merasa bosan dan tetap mendapat nutrisinya.

Mam bisa membuat susu menjadi es krim atau puding. Mencampurkan susu untuk membuat pasta carbonara atau kue pun bisa dilakukan. Mam juga bisa coba mengganti susu dengan keju atau olahan susu lainnya. Dijamin Si Kecil tidak akan merasa bosan dan segala kebaikan susu pun tidak akan terlewatkan.

 

Perkara Si Kecil tidak mau minum susu mungkin bisa menimbulkan masalah. Pasalnya susu memiliki nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Agar tidak salah mengambil langkah, tiga tips di atas bisa dicoba saat Si Kecil ogah minum susu. Selamat mencoba dan semoga Si Kecil sehat selalu ya Mam!

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :