Tetap Indah Walau Sedang Menyusui

Menyusui memang dapat mengurangi keindahan bentuk payudara Anda. Karenanya lakukan perawatan khusus payudara secara teratur.

Ketika Ibu mulai menyusui untuk pertama kali, puting akan terasa rapuh. Bayi mengisap paling kuat pada lima menit pertama untuk mendapatkan sekitar 80 persen jumlah susu. Ketika telah merasa cukup, ia akan tidak tertarik lagi untuk mengisap dan mulai bermain dengan payudara atau tertidur.

Beberapa kondisi ini membuat payudara Anda membutuhkan perawatan khusus. Belilah bra menyusui dan jaga kebersihan harian payudara dengan baik. Cuci payudara dengan air, jangan mengunakan sabun karena dapat menghilangkan lemak dari kulit dan memicu timbulnya luka pada puting. Rawat payudara dengan hati-hati. Jangan menggosoknya sampai kering, tepuk-tepuk saja dengan handuk berpermukaan lembut.

Jika bisa, angin-anginkan sebentar puting Anda setelah menyusui. Gunakan breast pad di dalam bra untuk menyerap ASI yang keluar dan gantilah pad sesering mungkin. Breast pad yang bocor dapat menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman, mengakibatkan puting luka, dan menodai pakaian. Cara pemakaiannya cenderung mudah, selipkan saja di cup bra untuk menyerap ASI yang bocor. Sedangkan, untuk menghindari luka pada puting, oleskan minyak zaitun.

Perlu diketahui bahwa payudara terdiri atas lemak, kelenjar, dan saluran (ductus). Sedang di bawahnya terdapat otot penyangga, yaitu otot pectoralis mayor. Untuk menjaga payudara agar tetap kencang dan tidak kendur, apalagi setelah proses kehamilan dan menyusui, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

  1. Menjaga kekuatan otot penyangga payudara, yaitu dengan melakukan latihan, seperti mengangkat beban dengan dumbbell. Olahraga berenang, tenis, jogging, dan hiking juga bisa menguatkan otot dada.
  2. Untuk menjaga kencangan kulit dan mencegah terbentuknya stretchmarks pada kulit payudara, oleskan krim atau losion khusus yang mengandung vitamin dan minyak zaitun.
  3. Lakukan pemijatan secara teratur pada area payudara.
  4. Bisa juga dilakukan dengan perawatan spa khusus payudara. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah ke payudara dan menjaga elastisitas kulit payudara.

Sebelum menjadi Feature writer, saya bekerja di World Vision Indonesia dan ditempatkan di Nusa Tenggara Timur. Saya menikmati bekerja bersama dengan masyarakat terutama yang fokus di bidang kesehatan Ibu dan anak. Saya juga menyukai traveling ke daerah pendalaman. Passion saya ingin membantu mewujudkan perempuan Indonesia yang sehat dan cerdas.

Related Posts

Comments :