3 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

Dalam kesehatan, manfaat cuka apel telah banyak dikenal pada khalayak umum. Cuka apel paling dikenal sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Namun tahukah Mam bahwa manfaat cuka apel tidak hanya terhenti di situ saja? Bahkan untuk kecantikan cuka apel juga menunjukkan khasiatnya yang tidak main-main.

Seperti jenis cuka yang lain, cuka apel memiliki kandungan asam yang kuat. Oleh karena itu, untuk pemakaian pada wajah sebaiknya dicampur dengan air. Untuk komposisinya bisa 1:1 (misal 1 sendok makan air mineral dengan 1 sendok makan cuka apel). Yuk Mam, simak manfaat cuka apel untuk wajah di bawah ini:

Chemical Exfoliator Alami

Belakangan ini, chemical exfoliator yang berupa toner menjadi alternatif untuk membersihkan wajah hingga jauh ke dalam pori-pori. Namun, pada umumnya produk tersebut dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong. Belum lagi jika ternyata produk tersebut justru tidak cocok dengan wajah Mam, tentu menjadi sebuah pengeluaran yang sia-sia bukan?

Cuka apel dapat menjadi solusi atas masalah tersebut. Kandungan asam dalam cuka apel dikenal cukup kuat, sehingga saat diaplikasikan pada wajah akan merasuk hingga ke pori-pori. Untuk menggunakannya pun mudah, cukup campurkan cuka apel dengan air mineral (perbandingan 1:1). Aplikasikan pada saat membersihkan make-up atau sebelum tidur. Jangan pernah lupa ya Mam untuk melarutkan cuka apel dengan air karena kandungan asamnya kuat.  

Menyeimbangkan pH Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, berseri, dan bebas noda, diperlukan kadar pH yang seimbang. Saat wajah tidak memiliki kadar pH yang seimbang, masalah-masalah kulit seperti kerutan, noda hitam, bahkan jerawat akan mudah muncul ke permukaan kulit. Kondisi terbaik pH untuk Mam adalah pada rentang 4,2 hingga 5,6 (golongan asam). Cuka apel juga dapat menyeimbangkan pH wajah lho Mam. Dengan kandungan asamnya, cuka apel mengikat minyak pada wajah sehingga dapat menjaga kulit wajah dalam keadaan seimbang.

Perlu diketahui juga bahwa kebanyakan sabun wajah yang beredar di pasaran memiliki tingkat basa yang menyebabkan kadar pH kulit wajah meningkat sehingga kulit akan terasa kering dan tertarik. Nah, cuka apel dapat menetralkan kulit wajah yang menjadi terlalu kering karena sabun wajah yang terlalu basa. Caranya sama dengan pemakaian cuka apel sebagai chemical exfoliator. Bedanya, sebagai penyeimbang pH wajah cuka apel digunakan setelah mencuci wajah. Mam bisa menambahkan air dalam larutan tersebut apabila dirasa masih terlalu kesat di wajah.

Detoxifying Toner Alami

Selain mengandung asam yang tinggi, cuka apel juga mengandung pectin. Pectin yang merupakan karbohidrat alami ini telah dikenal khasiatnya dalam menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida. Dalam penggunaannya pada wajah, pectin dapat menarik lemak sekaligus kotoran yang menempel. Dengan demikian, racun yang ada di dalam wajah dapat terangkat. Cara memakainya mudah, cukup tepuk-tepukan larutan cuka apel dan air pada wajah dengan perlahan. Gunakan seminggu sekali niscaya kulit akan terlihat lebih bersinar dan bebas noda.

Nah itu dia manfaat cuka apel bagi kecantikan, terutama bagi wajah. Dengan harga yang terjangkau dan mudah didapatkan dimana saja, tentu cuka apel bisa menjadi alternatif yang bisa Mam pilih untuk perawatan wajah. Jika Mam merasa ragu, Mam bisa mencobanya di bagian belakang telinga atau daerah tangan saat penggunaan pertama kali, dengan demikian Mam bisa memastikan tubuh tidak alergi dengannya. Jadi tunggu apalagi Mam?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :