4 Makanan untuk Atasi Tekanan Darah Rendah

Ada kalanya tubuh mengalami tekanan darah rendah. Saat tekanan darah tubuh menurun, Mam mungkin akan merasa lemas dan pusing. Hal itu jelas akan mengganggu aktivitas Mam. Berikut jenis makanan yang dapat Mam konsumsi untuk mengembalikan tekanan darah menjadi normal kembali.

Perbanyak Garam

Tekanan darah merupakan tekanan dari darah terhadap dinding pembuluh darah. Jantung memompa darah melalui pembuluh darah yang akan membawa darah mengalir dalam tubuh. Untuk membuat aliran darah ini mengalir dengan lancar, dibutuhkan sodium dalam jumlah yang cukup.

Sodium dapat ditemukan pada garam. Garam bekerja pada ginjal untuk menampung lebih banyak air. Air yang tertampung dalam ginjal ini akan meningkatkan tekanan darah Mam. Untuk menggunakannya, Mam bisa mencampurkan garam pada makanan. Ada baiknya untuk menggunakan garam dapur karena garam laut justru membuat tekanan darah menurun.

Namun, yang perlu Mam ketahui, American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi konsumsi sodium untuk tidak lebih dari 1.500 mg per harinya (satu sendok teh garam mengandung 2.400 mg sodium). Jika lebih dari itu, sodium akan membahayakan organ-organ di dalam tubuh.

Daging Merah

Daging merah kaya akan kandungan kolesterol dan lemak. Kedua zat ini dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Selain itu, daging merah kaya akan zat besi yang menjadi zat utama pembentuk sel-sel darah. Dengan cukupnya zat pembentuk darah maka sirkulasi darah dalam tubuh juga akan menjadi lancar, sehingga tekanan darah dapat meningkat.

Kandungan kolesterol dalam daging merah juga akan membantu tubuh untuk memperoleh tenaga. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel. Kekurangan asupan kolesterol akan membuat tubuh terasa lemas dan kepala menjadi pusing. Jika mengalami hal-hal tersebut bisa dipastikan tekanan darah Mam sedang rendah.

Acar

Acar merupakan jenis makanan pelengkap yang dibuat dengan larutan air cuka dan garam. Biasanya, orang-orang akan membuat acar dengan timun atau cabai. Namun, tahukah Mam, makanan yang satu ini juga dapat meningkatkan tekanan darah yang menurun. Salah satu komposisinya yaitu garam, membuat acar dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebagaimana yang telah Mam ketahui, sodium akan memiliki efek yang cepat dalam meningkatkan tekanan darah. Kandungan sodium dalam acar sendiri adalah 38 mg per kilogramnya. Perpaduan antara garam dengan timun akan membuat tekanan darah tidak hanya meningkat tetapi juga menjadi stabil.

Patiseri

Jenis makanan patiseri atau pastry seperti donat, cake, dan biskuit mengandung gula dan lemak yang tinggi. Kombinasi gula dan lemak ini membuat patiseri terasa manis dan mengenyangkan. Mam bisa mengonsumsi jenis makanan yang satu ini untuk meningkatkan tekanan darah yang turun.

Selain itu, biasanya patiseri disajikan dengan bentuk yang menarik dan menggunakan banyak gula (permen dan cokelat). Melihat hal-hal yang menarik hati akan membuat otak lebih rileks sehingga tubuh tidak merasa tegang. Jika kondisi tubuh rileks, tekanan darah akan menjadi normal kembali.

Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak mengonsumsi makanan ini dalam jumlah banyak. Bahan dasar patiseri adalah tepung dan gula yang tinggi kandungan kolesterol dan lemak jenuhnya. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan berat badan Mam.

Tekanan darah yang rendah dapat menyebabkan gangguan pada fisik. Gangguan tersebut dapat berupa pusing atau tubuh yang terasa lemas. Mam bisa mencoba makanan-makanan di atas untuk mengembalikan tekanan darah yang rendah.

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :