5 Cara Tradisional untuk Mencegah Mabuk Darat/Udara/Laut

Pergi mudik ataupun melakukan perjalanan jauh menggunakan moda tranpostasi darat, laut, ataupun udara memang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama keluarga Anda. Namun, terkadang keseruan perjalanan tersebut akan terganggu ketika kondisi tubuh Anda menurun akibat mabuk perjalanan. Perasaaan seperti perut mual, kepala pusing, tubuh lemas, keringat dingin, dan wajah pucat merupakan ciri-ciri dari  kondisi mabuk perjalanan. Tidak melulu harus minum obat, berikut ada beberapa cara tradisional yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mabuk perjalanan.

Duduk di Bagian Depan

Ketika berpergian dengan menggunakan mobil, supaya tidak mabuk Anda bisa memilih untuk duduk di kursi paling depan. Para peneliti mengatakan bahwa mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidak sesuaian antara apa yang dilihat oleh mata dan bagaimana tubuh Anda menginterpretasikan gerak kendaraan. Hal itulah yang menyebabkan mual dan pusing dari mabuk kendaraan. Oleh karena itu, jika Anda atau ada salah satu anggota keluarga Anda yang mudah mabuk usahakan untuk duduk di paling depan.

Hindari Pandangan ke Bawah

Ketika Anda termasuk ke dalam karakter seseorang yang mudah mabuk, pastikan untuk selalu menghindari pandangan mata Anda ke bawah. Pandangan mata ke bawah membuat perasaan mual tersebut lebih cepat datang. Selain itu, kepala juga akan merasa lebih pusing jika pandangan Anda selalu ke bawah. Hindari beberapa hal yang bisa membuat Anda merasa cepat mual seperti, bermain gadget, membaca, dan lain sebagainya. Jika memang bosan, Anda bisa mendengarkan musik agar pandangan Anda tetap lurus ke depan dan tidak membuat Anda menunduk untuk melihat handphone ataupun lainnya.

Menggunakan Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memang menjadi salah satu cara ampuh yang bisa mengobati rasa mabuk perjalanan. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih tersebut di bagian dada dan perut agar memberikan rasa nyaman pada tubuh Anda ketika sudah mulai terasa mabuk. Tidak hanya itu, minyak kayu putih juga berguna sebagai aromaterapi yang dapat mencegah mabuk perjalanan.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe memang sudah terkenal sebagai salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak manfaatnya, seperti efektif untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan juga mengatasi mabuk perjalanan. Anda tidak perlu mengkonsumsi jahe secara langsung, cukup dengan memakan olahan dengan ekstrak jahe (baik dalam bentuk minuman atau makanan) pun sudah cukup. Namun, pastikan ekstrak jahe yang Anda konsumsi merupakan ekstrak jahe asli dan bukan sekedar perisa jahe saja.

Konsumsi Permen Mint dan permen karet

Selain konsumsi jahe, Anda juga bisa mengatasi rasa mual dengan memakan permen mint dan permen karet. Ketika bepergian jauh, rasa mint dari permen bisa memberikan rasa nyaman pada mulut Anda, sehingga keinginan untuk muntah pun bisa dicegah dengan mudah. Tidak hanya permen mint, dengan mengunyah permen karet pun bisa membantu Anda untuk mencegah rasa mual. Mengunyah permen karet akan membantu mulut Anda untuk memproduksi air liur lebih banyak sehingga bisa menetralkan asam lambung Anda.

Demikianlah beberapa cara tradisional selain obat yang bisa membantu Anda mencegah mabuk perjalanan. Terdapat cukup banyak penyebab mengapa mabuk perjalanan bisa terjadi seperti, tubuh kekurangan tenaga, kekurangan oksigen, posisi duduk yang tidak benar, aroma sekitar Anda, suara mobil, dan juga AC mobil. Namun, dengan beberapa cara di atas semoga bisa membantu Anda mengatasi mabuk perjalanan dan membuat perjalanan Anda berjalan lancar. Jika ada cara tradisional selain konsumsi obat, mengapa tidak dilakukan?

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :