6 Rekomendasi Makanan dan Minuman untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Photo Credit: pexels

Jantung merupakan salah satu organ vital bagi tubuh manusia. Tanpa adanya jantung yang sehat maka tubuh Anda tidak akan dapat berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, Mam perlu menjaga dan memperhatikan kesehatan jantung. Menjaga kesehatan dapat dilakukan melalui beragam hal, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan nutrisi yang baik untuk jantung.

Dalam ulasan ini akan dibahas beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Simak terus yuk Mam!

Sayuran Hijau

Sayuran memang sudah dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sejak lama. Begitu pula untuk menjaga kesehatan jantung. Mam bisa menambahkan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau kale ke dalam menu makanan. Sayuran hijau kaya kan karotenoid yang dapat melindung tubuh dari bahaya radikal bebas.

Ikan Salmon

Salmon memiliki asam lemak omega 3 yang telah diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya aritimia (gangguan detak jantung), ateroklerosis (penyumbatan arteri karena adanya penumpukan plak), serta mampu menurunkan trigliserida. Untuk memaksimalkan manfaat daging salmon, setidaknya konsumsilah dua kali dalam satu minggu.

Kedelai

Tubuh manusia membutuhkan protein untuk bisa tetap bekerja. Namun banyak sumber protein yang memiliki lemak jenuh dan kolesterol. Padahal, dua zat tersebut tidak baik untuk kesehatan jantung. Sebagai alternatif sumber protein untuk tubuh, Mam bisa mengonsumsi olahan keledai. Keledai memiliki kandungan lemak tak jenuh, serat, dan vitamin yang baik untuk jantung.

Oatmeal

Untuk menjaga kesehatan jantung, Mam harus memperhatikan kadar kolesterol dalam darah. Pastikan kadar kolestrol dalam batas normal supaya jantung tetap sehat. Kadar kolesterol dapat dijaga dengan mengonsumsi serat yang larut. Salah satu makanan dengan kandungan serat larut tinggi adalah oatmeal. Oatmeal dapat menyerap kolesterol dalam darah sehingga aliran darah dalam tubuh bebas dari kolesterol.

Kentang

Biasanya, sebagai pengganti nasi orang akan menggunakan kentang sebagai sumber karbohidrat. Ternyata, tidak hanya sebagai sumber karbohidrat yang baik, kentang juga kaya potassium. Zat yang satu ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik untuk kerja jantung. Kentang baik untuk kesehatan jantung asalkan Mam tidak mengolahnya dengan cara digoreng.

Teh Hijau

Teh hijau mampu memproduksi senyawa anti-oksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Sebagaimana yang telah Mam ketahui, radikal bebas dapat mengganggu kinerja jantung. Dalam sebuah penelitian pada tahun 2013, ditemukan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung hingga 20%.

Tanpa adanya jantung yang sehat, tubuh manusia tidak akan dapat bekerja dengan semestinya. Mam bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang ada di dalam ulasan ini untuk menjaga kesehatan jantung. Stay healthy, ya Mam!

 

Dari Ibu dan Mama untuk Ibu dan Mama. Sahabat terbaik yang mendengarkan, mengerti dan membantu ibu dan mama seluas Indonesia. Mari bergabung dengan komunitas kami!

Related Posts

Comments :